Senin 10 Jul 2017 14:43 WIB

Ini Trik Buat Bento yang Menarik

Bento / Ilustrasi
Foto: Shelbi Asrianti
Bento / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bento adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa kemana-kemana. Terdapat beberapa kiat untuk membuat bento sehat sekaligus menarik hingga menggugah selera makan anak-anak maupun orang dewasa.

"Dasar membuat bento adalah setengah bagian berupa nasi, seperempat daging, seperempat sisanya buah dan sayur," kata seorang pengusaha dan pembuat bento Yuwita Dewi, Ahad (9/10)

Selanjutnya, untuk memunculkan warna pada bento, setidaknya pilih tiga macam warna yang bisa didapat dari berbagai jenis buah dan sayur, yakni warna merah, kuning dan hijau.

"Warna merah bisa dari buah ceri, kuning bisa dari telur dan hijau dari brokoli yang memang warnanya sudah cantik sekali," ujar Dewi.

Setelah itu, lanjut Dewi, pembuat bento tinggal berkreasi untuk menyusun maupun membentuk berbagai menu yang ada dalam sebuah wadah.

Ia pun memaparkan bento sederhana yang bisa dibuat yakni bento berbentuk kepala beruang. Siapkan satu lembar roti tawar persegi, segenggam parutan keju atau bisa dicampur meisis, keju dan nori.

Kemudian, letakkan parutan keju di tengah roti kemudian bungkus dan balik. Letakkan roti dengan posisi bulat di atas. Beri mata, telinga dan senyum yang diinginkan menggunakan keju dan nori. Jadilah sebuah karakter beruang yang jug menggemaskan.

Menurut Dewi, semakin mirip bento yang dibuat dengan karakter aslinya, maka hasilnya akan semakin bagus.

"Memang tingkat kesulitannya adalah bagaimana karakter yang dibuat itu mirip dengan aslinya. Itu membutuhkan kreativitas dan ketelitian yang sangat tinggi," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement