Selasa 17 Nov 2015 08:14 WIB

Inilah yang Harus Ada dalam Kotak Bekal Anak

Rep: C39/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bekal makanan untuk anak (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Bekal makanan untuk anak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membekali anak ke sekolah sangat penting, karena makanan di rumah lebih sehat dibanding jajanan di luar. Namun, apa saja yang harus ada di dalam kotal bekal anak Anda?

Seperti yang diungkapkan ketua umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof Hendriansyah, pertama yang harus ada di dalam kotak bekal anak Anda adalah karbohidrat.

“Harus ada lauknya, terserah mau diisi apa. Kalau salah satu contoh yang praktis, yaitu dua selai roti atau dikasih dengan telur ceplok yang diolah dengan salah satu produk margarin, kemudian dikasih salad atau potongan ketimun,” katanya kepada Republika.co.id belum lama ini.

Di dalam kotak bekal tersebut, menurutnya juga bisa ditambahkan buah pisang, karena sayur yang kaya vitamin bisa juga digantikan dengan buah. ”Itu sumber vitaminnya, jadi tidak hanya sayur, tapi juga bisa diganti buah, bisa jeruk, bisa pisang,” ujarnya

Terkait berapa lama bekal tersebut harus dimakan, menurut Prof Hardiansyah harus dimakan sebelum pukul sembilan pagi. “Kalau dimakan lebih dari jam sembilan berarti sudah masuk makan siang. Artinya, sarapan harus dihabisin sebelum jam sembilan pagi,” ujarnya.

Prof Hardiansyah menambahkan, orang tua juga harus membekalinya dengan masakan yang masih hangat dan kotak bekal harus dalam kondisi bersih, serta kadar airnya rendah seperti halnya roti.

“Biasanya dua jam harus segera di makan. Jika anak-anak berangkat jam enam pagi, bisa nanti dimakan di jalan atau saat break pertama sekolah. Tapi, kalau break-nya jam sepuluh pagi, itu sudah tidak sarapan sehat lagi namanya,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement