Senin 10 Jul 2017 11:33 WIB

Membuat Sandwich Awet Sampai Satu Tahun

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah .
Sandwich alias roti lapis.
Foto: pixabay
Sandwich alias roti lapis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sampah makanan adalah masalah besar di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, sekitar 40 persen sisa makanan terbuang percuma setiap tahunnya.

Sampah makanan menjadi problem serius, mengingat sulit untuk tidak sesekali membiarkan buah, sayuran, daging giling, dan makanan lainnya layu di lemari es.

Andy George dalam serial video 'How to Make Everything' menunjukkan bagaimana sebuah sandwich bisa awet dalam setahun dan tetap bisa dimakan.

Dilansir dari Mental Floss, Senin (10/7), dia berbicara dengan seorang profesor mikrobiologi dari University of Minnesota, Daniel O'Sullivan tentang penyebab pembusukan makanan.

Makanan tidak akan membusuk selama pemilik tidak menciptakan lingkungan di mana jamur, ragi, dan bakteri bisa tumbuh. Cara utama untuk menghentikan pembusukan makanan ini adalah pembekuan, pengeringan, atau menurunkan pH dengan cara pengawetan atau fermentasi.

Semua cara tersebut mempersulit mikroba tumbuh. Membuat bahan makanan menjadi acar, pengeringan, pengasapan, dan pengasinan semuanya bisa membuat sandwich, bahkan roti sekalipun awet hingga setahun. Sandwich tersebut tetap lezat sebagaimana dibuat pertama kali. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement