Kamis 09 Jun 2016 09:50 WIB

Dip Sandwich, Cara Lain Menikmati Roti

Rep: Dwina Agustin/ Red: Andi Nur Aminah
Dip Sandwich Prancis
Foto: Thekitchn
Dip Sandwich Prancis

REPUBLIKA.CO.ID, Pernah mendengar makanan dip sandwich? Jika sandwich biasanya hanya menggunakan sayuran dan daging olahan kemudian diapit dua roti, dip sandwich sedikit lebih menggiurkan dan butuh proses yang lebih lama.

Makanan ini menggunakan daging sapi yang sudah dimasak dengan cara dipanggang secara perlahan. Dengan proses tersebut akan membuat daging benar-benar lembut dan meresapkan bumbu.

Cara memasak ini dikenaal dengan gaya Prancis, sehingga sering kali dip sandwich ini dikenal dengan dip sandwich Prancis. Cara memasak makanan ini memang agak sedikit ribet ketimbang mengolah sandwich biasanya yang sering menjadi menu sarapan. Tapi percayalah, rasa yang dihasilkan akan membuat lidah meleleh dalam gigitan pertama.

Tahapan memasak, beri garam dan lada pada daging utuh. Taruh daging di atas wajan yang sudah diberi sedikit minyak yang sudah panas dengan api sedang. Lalu pangang selama lima hingga 10 menit sampai terlihat sudah ada kerat berwarna kecoklatan.  Kemudian balik daging dan lakukan hal sama.

Setelah itu tumis bawang bombay dengan diberi garam secukpnya. Aduk sekali-kali sampai bawang layu. Taruh daging yang sudah di panggang dalam sebuah panci cukup besar, masukan kaldu dan tumisan bawang bombay. Biarkan di dalam oven selama kurang lebih enam sampai delapan jam.

Setelah matang, untuk mempermudah potong bagi empat daging, agar saat proses memotong tipis lebih mudah. Potong daging dengan ketebalan dua sentimeter dan sisihkan.

Persiapkan roti tawar, isi dengan daging, keju, sisa kuah dari memanggang daging. Jika suka bisa tambahkan sayuran. Untuk menambah rasa, air sisa memanggang dapat juga menjadi 'cocolan' dip sandwich Prancis ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement