Rabu 05 Jul 2017 05:45 WIB

4 Jenis Minyak yang Wajib Ada di Dapur

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Esthi Maharani
Minyak Kelapa (Ilustrasi)
Foto: Health
Minyak Kelapa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Minyak zaitun sudah sejak lama dikenal dengan berbagai khasiat dan manfaatnya termasuk untuk memasak. Namun selain minyak zaitun, terdapat beragam minyak lainnya yang baik untuk kesehatan dan bisa digunakan untuk memasak.

Dikutip dari Times of India, menurut para ahli gizi minyak zaitun memiliki keterbatasan sehingga ada baiknya untuk mengetahui berbagai jenis minyak lainnya yang tidak kalah khasiatnya dengan minyak zaitun.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki manfaat yang bagus untuk memasak dan untuk pengobatan. Minyak ini dikatakan dapat meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan. Dalam hal pengobatan, minyak kelapa efektif dalam menyembuhkan penyakit jamur, herpes, infeksi tenggorokan da kurap.

2. Minyak wijen

Minyak wijen banyak digunakan dalam olahan makanan Asia. Minyak wijen memiliki banyak khasiat untuk kesehatan karena mengandung vitamin E, B6, magnesium, kalsium, tembaga dan besi. Minyak ini dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol. Minyak ini bisa menahan panas yang ekstrim, dan sangat bagus untuk menggoreng. Seseorang bisa menggunakannya untuk menumis ataupun menggoreng.

3. Minyak biji rami

Minyak biji rami memiliki nilai gizi tinggi meliputi jumlah kandungan asam lemak omega-3 yang besar. Minyak ini sangat baik untuk membantu pencernaan. Kualitas anti-inflamasinya membantu menyembuhkan kondisi rematik. Namun, minyak ini memiliki umur simpan yang pendek dan tidak bisa digunakan dalam memasak dengan suhu tinggi. Minyak ini banyak digunakan untuk dicampurkan ke dalam saus salad. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, konsumsi minyak ini dengan yogurt, keju atau susu skim.

4. Minyak biji anggur

Minyak biji anggur mengandung tinggi vitamin E dan asam lemak omega-6. Minyak ini juga memiliki antioksidan alami, dan dapat meningkatkan kolesterol baik. Namun, minyak ini bisa menyebabkan alergi pada orang yang alergi terhadap anggur. Minyak anggur biasa digunakan untuk memanggang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement