Senin 12 Jun 2017 12:00 WIB

Menu Terbaik untuk Sarapan

Rep: RETNO WULANDHARI/ Red: Esthi Maharani
Sarapan sehat diantaranya mengandung gandum, susu, buah, dan kacang-kacangan.
Foto: Republika/Gita Amanda
Sarapan sehat diantaranya mengandung gandum, susu, buah, dan kacang-kacangan.

REPUBLIKA.CO.ID, Sarapan sangat diperlukan tubuh untuk siap memulai aktivitas setiap harinya. Namun, karena terburu-buru, seringkali orang abai dengan kandungan gizi menu sarapan mereka. Yang terpenting cepat dan mengenyangkan.

Kepala Nutrisi di Harvard School of Public Health Dr. Walter Willets mengatakan sereal, kacang-kacangan, buah dan yogurt merupakan kombinasi yang sehat untuk sarapan. Buah-buahan dari jenis berry seperti blueberry dan blackberry memgandung serat dan polifenol yang baik untuk menjaga tubub dari penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara.

Sementara itu, sereal gandum baik untuk kesehatan jantung dan berisiko rendah terkena diabetes dan obesitas. Sayangnya, kebanyakan sereal atau roti gandum tidak disukai karena terlalu mengenyangkan bagi sebagian orang. Selain seral dan buah, lemak sehat atau protein juga akan membantu kenyang lebih lama tanpa harus mengemil.

Saat sarapan, sebaiknya hindari produk dari olahan susu karena biasanya mengandung gula tidak sehat dan lemak jahat kecuali yogurt. Selain kacang, kombinasi protein yang baik untuk sarapan adalah salmon asap. Jika bosan dengan kombinasi di atas, telur bisa jadi kombinasi menu sarapan yang pas disantap di pagi hari. Telur bisa diolah dengan cara direbus, dibuat omlet, telur dadar dan lain sebagainya.

Untuk minuman di pagi hari, sebaiknya hindari penggunaan gula yang berlebih. Jika pun terbiasa dengan meminum kopi di pagi hari maka disarankan tanpa gula. Kopi baik untuk menurunkan risiko penyakit otak seperti demensia.

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement