Rabu 07 Jun 2017 15:22 WIB

Car Seat Sebaiknya Menghadap ke Depan atau Belakang?

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani
Anak duduk di car seat saat dalam mobil.
Foto: makobiscribe
Anak duduk di car seat saat dalam mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, Car Seat merupakan salah satu alat bantu berkendara aman bersama si kecil. Namun terkadang orang masih salah menggunakan car seat. Mereka lebih sering memasang car seat kearah depan, padahal pada usia-usia tertentu, car seat sebaiknya menghadap ke belakang.

Mothercare Baby Expert, Dewi Nopiyanti mengatakan anak dengan berat badan dibawah 13 kg, disarankan menggunakan car seat dengan posisi reward facing yaitu posisi yang menghadap ke belakang atau menghadap kursi mobil. Hal ini untuk menghindari risiko cedera bagian pundak, leher dan tulang kepala belakang.

“Berdasarkan penelitian tahun 2010, reward facing 90 persen anak yang memakai car seat menghadap reward facing, risiko cedera tulang pundak, leher dan kepala belakang lebih kecil,” ungkapnya.

Apakah anak akan pusing jika menghadap kebelakang seperti orang dewasa?

Ia menegaskan hal tersebut hanya mitos yang dibuat orang dewasa.

Sedangkan anak dengan berat badan 13 kg sampai 18 kg, disarankan duduk di car seat menghadap ke depan atau forward facing.

Untuk penggunaan car seat sendiri, disarankan dari usia 3,5 kg sampai 36 kg atau mencapai usia 12 tahun atau saat tinggi anak maksimal mencapai 135 cm. Kalau lebih dari 135 cm tidak perlu pakai car seat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement