Rabu 31 May 2017 16:12 WIB

Sofia Coppola Ukir Sejarah di Festival Cannes

Sofia Coppola di Festival Film Cannes 2017, Prancis.
Foto: EPA/Julien Warnand
Sofia Coppola di Festival Film Cannes 2017, Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, CANNES – Pada Ahad (29/5), Sofia Coppola meraih penghargaan Sutradara Terbaik dalam Festival Film Cannes 2017. Seperti dilaporkan CNN, Selasa (30/5), prestasi itu membuatnya masuk dalam klub eksklusif lantaran menjadikan dirinya sutradara perempuan kedua setelah Yuliya Solntseva yang meraih penghargaan sama pada 1961. Pada tahun ini, putri sutradara Francis Ford Coppola itu menjadi Sutradara Terbaik lewat film The Beguiled.

The Beguiled, adalah film adapttasi novel Thomas P. Cullinan, A Painted Devil. Film yang akan mulai dirilis pada 23 Juni diperankan oleh Colin Farrell, Kirsten Dunst, Elle Fanning, dan Nicole Kidman. Kemenangan Coppola ini dinilai menjadi momen penting bagi sineas perempuan di mana hanya ada satu sutradara perempuan yang pernah menyabet Palme d’Or, penghargaan tertinggi di Cannes.

Jane Campion, yang meraih Palme d’Or pada 1993 lewat film The Piano, kepada Vulture pekan ini, menilai minimnya representasi film perempuan di antara pemenang Cannes adalah sebuah ‘kegilaan’.

The Beguiled diulas sangat positif oleh kritikus. Nicole Kidman yang meraih 70th Anniversary Prize, memerankan kepala sekolah sebuah sekolah putri eksklusif di Virginia pada 1864. Gaya hidup mereka kemudian  terusik oleh kehadiran seorang prajurit terluka. Dalam ulasannya, kritikus senior Indiewire, David Ehrlich memuja film ini sebagai, “Film yang harus ditonton dan karya paling menghibur dari karier brilian Coppola.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement