Rabu 31 May 2017 15:01 WIB

Semua Bayi di Skotlandia Dapat Kotak Bayi

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Esthi Maharani
Semua Bayi di Skotlandia Dapat Kotak Bayi
Foto: The Independent
Semua Bayi di Skotlandia Dapat Kotak Bayi

REPUBLIKA.CO.ID, Skotlandia akan meluncurkan program kotak bayi mulai Agustus tahun ini. Seluruh bayi yang lahir mulai 15 Agustus akan mendapatkan kotak yang berisikan hal-hal penting dalam perawatan bayi seperti alas ganti dan popok.

Program itu diharapkan bisa mendukung upaya mewujudkan kesetaraan. Akan tetapi, terdapat pihak yang mengkritisi kebijakan tersebut karena semestinya banyak keluarga yang mampu membeli barang-barang itu sendiri.

Terdapat beberapa bukti kotak yang bisa digunakan menjadi ranjang bayi itu berhasil mengurangi angka kematian. Program serupa telah diterapkan di Finlandia selama 75 tahun dan dianggap sebagai salah satu alasan rendahnya angka kematian bayi di negara tersebut.

Ibu hamil bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan fasilitas tersebut mulai 15 Juni.

"Program kotak bayi Skotlandia ini akan membantu memperbaiki kesehatan dan mendukung orang tua. Kami bangga bisa menerapkannya," ujar Menteri Perlindungan Anak Skotlandia Mark McDonald seperti dikutip Independent, Selasa (30/5).

Ia mengaku akan bekerja semaksimal mungkin untuk memastikan para orang tua baru bisa mendapatkan kotak tersebut. Mulai Januari 2018, ujarnya, kotak bayi itu akan dikirimkan kepada orang tua empat pekan sebelum hari perkiraan lahir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement