Selasa 02 May 2017 11:44 WIB

Rinjani 100 Tawarkan Potensi Wisata Olahraga Pulau Lombok

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Winda Destiana Putri
Pemandangan Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok.  (Republika/Wihdan Hidayat)
Pemandangan Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok. (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Ajang wisata olahraga (sport tourism) menantang Rinjani 100 akan kembali digelar di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (5/5). Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal berharap, event yang sudah digelar sejak 2012 semakin mendorong pengembangan wisata olahraga yang sedang digencarkan Pemerintah Provinsi NTB.

"Rinjani 100 jadi agenda calender of event dari tahun ke tahun. Jumlah peserta juga terus meningkat. Ini bukti Rinjani 100 diminati penggemar," ujar Faozal dalam jumpa pers di Kantor Dinas Pariwisata NTB, Selasa (2/5).

Faozal menyebutkan, hingga saat ini jumlah peserta yang daftar telah mencapai 497 pelari, terdiri atas 302 pelari domestik dan 195 pelari luar negeri antara lain Australia, Austria, Cina, Perancis, Jepang, Slovakia, Romantis, Rusia, hingga Irlandia. Jumlah peserta mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 400 pelari.

Faozal melanjutkan, Rinjani 100 digelar atas kerja sama dengan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), KONI NTB, Polda NTB, dan sejumlah komunitas pendaki di TNGR. "Rinjani punya keunikan dan diminati komunitas sport tourism, ini motivasi kita menjaga Rinjani lebih baik dari sisi pengelolaan dan kelestarian alam," kata Faozal menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement