Sabtu 29 Apr 2017 02:28 WIB

Adidas Luncurkan Tiga Sepatu dari Limbah Plastik Laut

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Andi Nur Aminah
Adidas Ultra Boost
Foto: adidas.ca
Adidas Ultra Boost

REPUBLIKA.CO.ID, Adidas akan meluncurkan tiga edisi baru sepatu Ultraboost yang terbuat dari sampah plastik di laut. "Di Adidas, keyakinan utama kami adalah melalui olahraga, kami memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan," kata CEO Adidas Kasper Rorsted dilansir dari Independent, Jumat (28/4).

Terobosan baru itu merupakan upaya mengurangi sampah laut. Adidas bekerja sama dengan Parley AIR Strategy menciptakan model sepatu Ultra Boost, Ultra Boost X, dan Ultra Boost Uncaged Parley.

Produk itu akan tersedia di toko konvensional dan daring pada 10 Mei mendatang. Produk baru itu disebut menggunakan 11 botol plastik per pasang. Sementara untuk tali pengikat, terbuat dari lapisan tumit. Kemudian, untuk kaus kaki terbuat dari bahan daur ulang lainnya.

Rorsted menuturkan, Parley for Oceans membantu Adidas mewujudkan tercapainya pembuatan sejuta pasang sepatu Ultra Boost dengan menggunakan plastik samudra pada tahun ini. "Kami adalah satu dari sedikit perusahaan yang mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam model bisnis," ujar Rorsted.

Ia mengatakan, Adidas tidak hanya melihat keberlanjutan sebagai peluang untuk mendapatkan keunggulan produk yang kompetitif. Namun, ia menuturkan, Adidas menilai hal yang mereka lakukan sebagai kewajiban berbisnis secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Dengan plastik yang diperkirakan menghasilkan hampir 80 persen dari total puing laut di lautan dunia, koleksi Adidas x Parley membuat gelombang dalam keberlanjutan. Tahun lalu, Adidas menjual kantong plastik di toko ritelnya. Hasilnya, kegiatan itu diklaim menghilangkan hampir 70 juta limbah dari kantong belanja plastik. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement