Rabu 26 Apr 2017 13:50 WIB

Ibu, Jangan Berikan Minuman Ini untuk Anak

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Berikan minuman alami dari bahan segar dan minim gula untuk anak-anak.
Foto: Public domain pictures
Berikan minuman alami dari bahan segar dan minim gula untuk anak-anak.

REPUBLIKA.CO.ID, Jajanan yang dibeli anak, baik makanan atau minuman, adalah hal yang harus dicermati betul oleh orangtua. Pasalnya, ada sederet minuman yang tidak seharusnya mereka konsumsi sebagai berikut.

Soda

Soda dan minuman berkarbonasi biasanya jadi hidangan pada acara ulang tahun atau saat jalan ke restoran cepat saji. Padahal, konsumsi konstan soda akan memicu obesitas, diabetes, dan perilaku agresif pada anak.

Minuman olahraga

Walaupun mengandung kalori dan elektrolit, minuman olahraga dengan rasa limun ini tidak dianjurkan bagi anak. Minuman kemasan kerap memuat substansi yang tak diketahui dan dapat berbahaya untuk anak dalam jangka panjang.

Jus kaleng

Studi menunjukkan, jus kaleng tidak memiliki nilai nutrisi dari buah segar. Jus kaleng juga mendapatkan tambahan gula dalam kontennya yang akan membuat anak mengasup gula berlebihan.

Susu mentah

Susu mentah belum mengalami proses pasteurisasi, sehingga minuman ini bisa dicoret dari daftar asupan untuk anak. Imunitas anak juga belum berkembang seperti orang dewasa sehingga rentan terhadap penyakit bawaan makanan.

Suplemen susu

Berdasarkan American Academy of Pediatrics, anak harus mengasup protein sebesar 15 sampai 20 persen dari kalori hariannya. Namun, suplemen susu bukan opsi terbaik karena proteinnya beriring dengan tambahan gula.

Jika anak bosan tiap hari minum susu yang sama, ada banyak minuman sehat sebagai alternatif. Beberapa di antaranya yaitu nimbu paani, buttermilk, aam panna, jaljeera, mango lassi, aamras, milkshake stroberi segar, dan air kelapa, dilansir dari Times of India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement