Senin 17 Apr 2017 14:58 WIB

Permen dan Cokelat Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Rep: Novita Intan/ Red: Esthi Maharani
KitKat
Foto: ST FILE PHOTO
KitKat

REPUBLIKA.CO.ID, Sewaktu kecil kita sering meminta kedua orang tua untuk membelikan jajanan seperti permen dan coklat batangan. Dilansir Time.com, Senin (16/4), ada beberapa permen atau cokelat paling berpengaruh, antara lain:

Wonka Bar

Ide di balik munculnya Wonka Bar bersumber dari novel tahun 1964 karangan Roald Dahl yang berjudul `Charlie and the Chocolate Factory`. Quaker Oats Company mendanai pembuatan film tahun 1971 yang ceritanya diangkat dari novel tersebut. Perusahaan ini kemudian memutuskan untuk membuat cemilan di cerita itu menjadi kenyataan. Wonka Bar masih populer hingga saat ini

Milky Way

Milky Way diluncurkan pada tahun 1923. Inspirasinya berasal dari sebuah hidangan penutup bernama `Milky Way Malted Milkshake`. Beberapa dekade kemudian hal seperti ini terjadi pada snack-snack lainnya, contohnya adalah Strawberry Cheesecake KitKat di Jepang.

Baby Ruth

Pada tahun 1921 Baby Ruth diluncurkan. Pembuatnya menyatakan bahwa nama Baby Ruth diambil dari nama anak presiden Grover Cleveland, Ruth. Ruth meninggal pada usia 12 tahun. Gadis kecil itu meninggal 17 tahun sebelum keluarnya produk makanan ini.  Namun pada masa itu, produk ini lebih diasosiasikan dengan atlet dari Yankees, Babe Ruth. Produk ini adalah candy bar pertama yang sukses karena nama besar figur publik.

Nestle Crunch

Sebelum kemunculan produk ini di tahun 1937, candy bar yang isi di dalamnya menggunakan bahan-bahan mahal, misalnya kacang atau karamel. Dengan beras berharga murah yang digunakan produk ini, Nestle Crunch menjadi candy bar berisi yang dijual dengan harga lebih murah.

Cadbury Milk Chocolate

Produk ini dibuat tahun 1897 di pabrik milik keluarga Cadbury. Pabrik tersebut berlokasi di sebuah desa di Birmingham, Inggris. Pabrik tersebut menginspirasi Milton S. Hershey untuk memiliki hal serupa di Pennsylvania. Penulis buku Chocolate Wars, Deborah Cadbury, mengatakan bahwa pabrik Cadbury tersebut adalah wujud dari utopia sosial. Keluarga Cadbury dan Quakers merupakan pengusaha pertama yang benar-benar memperhatikan karyawannya.

Mereka menyediakan skema pensiun. Meski kini Cadbury tak lagi dimiliki oleh keluarga Cadbury, produk-produknya masih merupakan produk yang penjualannya sangat bagus.

Scharffen Berger

Produk ini merupakan chocolate bar `artisanal` pertama yang didistribusikan secara luas. Produk ini adalah produk kacang yang dibuat menjadi bentuk batangan dengan campuran coklat yang lebih gelap. Produk ini dijual pada tahun 1997. Pada tahun 2005, Scharffen Berger diakusisi oleh Hershey.

Grenada Chocolate

Grenada Chocolate hadir pada tahun 1999 oleh seorang ekspatriat Amerika. Coklat ini dibuat dari biji coklat lokal tempat produk tersebut dibuat. Ini adalah pertama kalinya sebuah negara lain memproduksi produk coklat dengan tidak mengambil biji coklat dari negara-negara eropa. Bahkan, produksinya berkontribusi pada perekonomian negara itu.

Chicken Dinner

Produk ini muncul tahun 1923 dan merupakan coklat bar pertama yang dipasarkan sebagai produk yang bernutrisi. Meski produk ini tak lagi diproduksi pada tahun 1960, kesuksesannya memicu timbulnya produk-produk serupa, misalnya Clif dan Luna yang berisi vitamin.

Snickers

Lebih dari 80 tahun setelah diluncurkan tahun 1930, produk ini adalah produk terlaris di seluruh dunia. Iklan produk ini yang menyebut 'Anda bukan diri Anda saat Anda lapar' meningkatkan penjualan hingga mencapai USD 3,5 miliar pada tahun 2012.  Angka penjualan itu melebihi penjulan M&M dan Kit Kat.

Nestle Milk Chocolate

Sebelum kemunculannya tahun 1875, coklat batangan terasa pahit dan berwarna gelap. Saat itu para pembuat produk coklat belum tahu cara memberi susu pada produk coklat itu.

Alhasil, jika susu cair ditambahkan maka produknya akan hancur. Nestle Milk Chocolate menemukan cara lain untuk menambah rasa susu, yakni dengan memberi susu bubuk. Hal ini membuka jalan bagi produk-produk serupa seperti Hershey dan Lindt.

Toblerone

Coklat batangan dengan bentuk segitiga adalah ikonik Toblerone. Coklat ini muncul tahun 1908. Produk ini adalah produk coklat batangan pertama yang mengambil bentuk berbeda dari biasanya. Toblerone juga merupakan pioner dari produk coklat berisi.

Hershey’s Milk Cocholate

Meski Nestle yang membuat milk chocolate, Hershey’s lah yang membuatnya populer. Sejak produk pertamanya yang diproduksi tahun 1900, Hershey merupakan salah satu merek coklat yang paling dikenali.

Produk-produk Hershey disajikan pada prajurit-prajurit Perang Dunia 2. Saat ini ada sebuah museum yang dibangun dengan dana USD 23,5 juta yang didedikasikan untuk merek coklat itu.

Kit Kat

Kit Kat merupakan coklat pertama yang mendunia. Hingga saat ini, Kit Kat masih menjadi pemain global. Karena pengaruhnya yang besar, Google Android mengumumkan bahwa sistem operasi terbarunya dinamai Kit Kat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement