Kamis 06 Apr 2017 10:47 WIB

Psikolog Sarankan Orang Tua Ajarkan Keuangan Sejak Kecil

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Merencanakan keuangan
Foto: pixabay
Merencanakan keuangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Masalah keuangan sudah semestinya diajarkan orang tua pada anak sejak kecil. Terlebih, saat anak sudah mulai meminta uang untuk membeli makanan.

“Mulainya sejak mereka sudah minta makan kue dan sebagainya, itu biasanya di usia tiga tahun,” kata psikolog anak dan keluarga, Rosdiana Setyaningrum.

Saat anak mulai tertarik membeli sesuatu, orang  tua perlu memastikan apakah mereka benar-benar membutuhkan barang itu atau tidak. Sementara untuk masalah keuangan, orang tua juga harus bisa mengajarkan anak cara mengatur hal ini dengan baik. Hal ini dapat dilakukan saat mereka sudah mulai mengenal hitungan dalam ilmu matematika.  

“Dan ketika masuk SD kelas satu, mereka sudah mulai belajar uang secara nyata. Di sini, orangtua bisa memberitahu kalau uang itu alat tukar. Dan beritahu juga tentang pengambilan uang di ATM itu tidak boleh sekedar ambil. Ini perlu mulai diajarkan secara mendalam,” kata dia.

Dengan adanya pembelajaran keuangan sedari kecil, Rosdiana menjelaskan, ini bisa memudahkan orang tua dalam menerapkan kebiasaan baik. Dengan kata lain, anak dapat belajar hemat dalam mengatur keuangannya di masa depan.

“Apa pun yang diajarkan sejak kecil itu lebih bagus untuk membiasakan,” ujarnya.

Baca juga: Lagu Anak Inspiratif Iringi Film Naura & Genk Juara

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement