Ahad 25 Jun 2017 06:10 WIB

Belajar Mengelola Keuangan Lewat Angpao Lebaran

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Seorang pedagang menunjukkan angpao lebaran di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta.
Foto: Antara
Seorang pedagang menunjukkan angpao lebaran di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Belajar mengelola keuangan tidak hanya berlaku bagi orang dewasa. Melalui tradisi angpao lebaran, anak-anak sudah bisa diajarkan bagaimana cara mengatur keuangan. Mengajarkan disini tujuannya agar anak bijak dalam menggunakan uangnya.

Saat mendapatkan banyak angpao lebaran dari sanak keluarga dan karib kerabat, biasanya tanpa pikir panjang anak akan meminta orangtuanya untuk membelikan mainan yang dia suka atau makanan kesukaan. Jika tidak dikontrol, tanpa sadar orangtua akan membawa anaknya kepada kebiasaan pemborosan.

“Ada kalanya orang tua perlu membantu anak untuk mengelola angpaonya apalagi jika jumlahnya besar,” ujar psikolog keluarga dari Selaras Pesona Indonesia Sahening Dian Ardini kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Cara mengajarkannya yaitu orangtua bisa ajak anak untuk membuat prioritas dengan cara menabung sebagian dan membelanjakan yang sebagian. Membelikan celengan lucu bisa memotivasi anak untuk rajin menabung. Dengan demikian anak akan mendapat manfaat baru yaitu mengelola keuangan dan mengelola keinginannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement