Selasa 04 Apr 2017 06:41 WIB

Asam Segar Ceviche Ikan Mentah Khas Peru

Ceviche
Foto: dok JW Marriott
Ceviche

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu makanan Peru yang mendunia adalah ceviche. Makanan yang satu ini unik karena tidak membutuhkan proses pemasakan di atas api.

Chef Eduardo Enrique Montes Traverso membagi resep ceviche ke hadapan media saat mengenalkan kuliner Peru di Restoran Syailendra, JW Marriott Mega Kuningan Jakarta. Pertama, ujarnya, ceviche dibuat menggunakan ikan berdaging putih. Pada dasarnya semua ikan laut yang bisa diolah sebagai sushi dapat digunakan pula pada makanan ceviche.

"Misalnya ikan kakap, seabass, dori, salmon, tuna," ujarnya.

Karena ceviche tidak melalui proses pemasakan dengan api atau panas, Eduardo mengatakan ikan harus selalu terjaga kesegarannya. Letakkan ikan di dalam kulkas atau di piring yang dialasi es batu agar tetap dingin. Mangkok untuk mewadahi ceviche pun disarankannya dingin pula.

Ikan di ceviche akan termasak dengan perasan jeruk nipis. Karena itu potong ikan dalam bentuk dadu yang ukurannya tidak terlalu kecil atau besar. Agar air jeruk nipis bisa meresap sempurna. "Jangan potong ikan terlalu besar atau kecil," katanya.

Setelah memotong ikan, beri perasan jeruk nipis, kemudian tambahkan daun ketumbar yang sudah dirajang dan potongan cabai. Eduardo menambahkan pula taburan garam ke atas ceviche.

Ada satu lagi bahan yang digunakan dalam ceviche. Eduardo menyebutnya leche de tigre atau susu macan.

Jangan keburu mengira dibuat dari macan benaran. Leche de tigre diracik dari perasan jeruk nipis, cabai, bawang merah besar, garam, dan lada serta ikan mentah. Campuran itu semua lalu dihaluskan dengan blender. Leche de tigre kemudian ditambahkan pula ke ceviche. Terakhir Eduardo menambahkan potongan bawang merah besar ke ceviche.

Rasa asam dan sedikit pedas pun bertemu dengan kesegaran daun ketumbar pada sepiring ceviche. Jangan takut amis karena jeruk nipis serta ketumbar dan bawang merah membuang aroma amis tersebut. Penggunaan ikan segar juga menjamin ceviche tidak akan amis.

Ceviche merupakan makanan kaki lima yang tersaji di banyak tempat di Peru. Umumnya ceviche tersaji dingin dan dinikmati untuk makan siang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement