Kamis 30 Mar 2017 14:33 WIB

Trik Memanaskan Nasi Agar Aman Dikonsumsi

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Nasi. Ilustrasi
Foto: Cooked
Nasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian besar orang pasti pernah menghangatkan makanan semalam yang tersisa untuk menu sarapan keesokan paginya, termasuk nasi. Padahal, nasi lama yang dipanaskan kembali bisa membuat seseorang mengalami sakit serius.

Hal itu disampaikan National Health Service dan Food Standards Agency Inggris. Nasi yang dipanaskan bahkan disebut bisa membuat seseorang keracunan makanan seperti saat makan daging yang tidak diolah dengan baik. "Masalah sebenarnya bukan soal memanaskan, tetapi bagaimana nasi disimpan sebelum dipanaskan," ujar perwakilan Food Standards Agency menjelaskan.

Nasi mengandung spora dari bakteri berbahaya yang disebut Bacillus Cereus. Spora ini akan tumbuh menjadi bakteri dan bereproduksi dengan sangat cepat jika nasi dibiarkan pada suhu kamar sesudah ditanak, memproduksi toksin yang dapat menyebabkan muntah atau diare.

Semakin lama nasi dibiarkan demikian, semakin mungkin Anda menjadi sakit. Kabar baiknya, ada langkah pencegahan yakni memperhatikan cara penyimpanan nasi setelah ditanak pertama kali. Hal paling baik adalah mengonsumsi langsung nasi yang baru dimasak. Apabila ada yang sengaja disisakan untuk hari berikutnya, segera dinginkan nasi pada suhu kamar selama satu jam, baru masukkan ke dalam lemari es.

NHS mengatakan, langkah itu bisa membuat nasi bertahan satu hingga dua hari. Namun, nasi yang akan dimakan nanti tidak boleh dipanaskan kembali lebih dari satu kali, dilansir dari laman Mirror.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement