Rabu 08 Mar 2017 11:39 WIB

Ini Peran Kecap dalam Masakan Indonesia

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani
Kecap di masakan Indonesia
Foto: desy susilawati / Republika
Kecap di masakan Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, Chef Degan mengatakan kecap memiliki peran penting dalam masakan Indonesia. Kecap bisa menjadi penambah cita rasa sekaligus mempercantik tampilan masakan.

Ia menjelaskan ada banyak makanan Indnesia yang menggunakan kecap. Misalnya semur, nasi goreng, dan makanan yang dibakar. Ia mengatakan makanan yang dibakar seringkali dibubuhi kecap untuk menambah rasa gurih dan mempercantik warna masakan.

(Baca juga: Bango Dukung Regenerasi Pelestarian Kuliner Nusantara)

Bukan hanya itu, menurutnya kecap memiliki memori tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Ia pun ingat ketika masih kecil sering diberi nasi kecap oleh ibunya. Saat itu, menu sederhana itu dianggapnya sebagai makanan paling enak. Sampai saat ini pun, chef Degan masih sering merindukan makanan sederhana itu.

"Karena ada memorinya nasi dengan kecap," ujarnya dalam konferensi pers kick off Festival Jajanan Bango (FJB) 2017 di Jakarta, Selasa (7/3).

Selain itu, sang ibunda pun memiliki kenangan tersendiri dengan kecap. Ketika tinggal di luar negeri, kecap adalah pengobat kangen Indnesia. Seringkali ibundanya mencampur kecap dengan cabai rawit dan ditaburkan ke buah-buahan.

"Jadi seperti rusak," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement