Kamis 02 Mar 2017 17:18 WIB

Tips Cerdas Gunakan Kartu Kredit

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Kartu Kredit
Foto: Flickr
Kartu Kredit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Di zaman yang serba cepat dan serba mudah ini, kartu kredit memang memberikan kemudahan lain dalam berbelanja. Seiring dengan semakin bertambahnya penduduk kelas menengah, kebutuhan masyarakat pada kartu kredit pun juga meningkat. 

Kartu Kredit sudah menjadi kebutuhan, terutama bagi orang yang tidak suka memegang uang tunai. Mengapa? Karena kartu ajaib ini bisa digunakan berbelanja tanpa harus memiliki uang di rekening ataupun di dompet. Namun, Anda harus mulai belajar untuk cerdas dalam menggunakan kartu kredit.

Psikolog Klinis Indonesia, Kasandra Putranto mengatakan kenikmatan dan kemudahan yang ditawarkan kartu kredit seringkali membuat lupa akan kondisi keuangan kamu sesungguhnya. Saking mudah dan menguntungkannya, kartu ajaib ini dapat membuat terbuai dan akhirnya terlilit utang yang menumpuk. 

"Kartu kredit itu bukan uang tambahan, kita harus ubah pola pikir itu, jika kartu kredit itu bisa digunakan secara bijak dapat memberikan banyak keuntungan," ujarnya di Jakarta, Kamis (2/3).

Untuk itu, Kasandra memberikan beberapa tips untuk menggunakan kartu kredit dengan cerdas antara lain

1. Belanja sesuai kebutuhan

Biasakan diri Anda untuk berbelanja sesuai rencana. Di mana pun tempat belanjanya, rencana belanja Anda akan membantu mengendalikan pengeluaran Anda.  Memfokuskan diri pada rencana belanja memang tidak mudah. Selalu saja ada godaan yang meningkatkan hasrat membeli. 

2. Ubah Pola Pikir

Jika Anda karyawan yang sering bepergian ke luar kota untuk urusan bisnis atau pribadi, Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk berhemat. Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan fasilitas airport lounge reward dari kartu tersebut untuk makan gratis di restoran elit yang ada di bandara tersebut. Sekalipun tidak gratis, Anda bisa mendapatkan harga promo dari makanan tersebut.

Cara ini memang berisiko pada gaya hidup konsumtif. Namun, sedikit lebih baik dan lebih cerdas dibanding Anda makan di restoran elit tanpa fasilitas airport lounge reward.

Baca juga: Tips Sukses Berburu Tiket Murah Saat Travel Fair

3. Atur Limit Kartu Kredit

Idealnya hanya memiliki 2 kartu kredit. Dengan 2 kartu kredit, seharusnya sudah dapat memenuhi seluruh kebutuhan jika pandai mengaturnya. Setiap kartu kredit memiliki limit kartu kredit dapat ditentukan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. 

Supaya bisa menggunakan kartu kredit dengan cerdas, salah satu caranya adalah dengan menentukan salah satu kartu kredit dengan limit yang kecil, agar pengeluaran bisa lebih diatur dan yang satunya lagi dengan limit yang lebih besar untuk berjaga-jaga jika diperlukan. Ingat, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang.

4. Pantau dan Pakai Poin Reward

Sadar atau tidak, setiap kali belanja pakai kartu kredit, poin dalam kartu kredit bertambah. Jumlah poin yang sudah terkumpul banyak dapat ditukarkan dengan barang atau promo-promo menarik. Penukaran poin ini merupakan salah satu keuntungan dari kartu kredit, namun harus teliti dan jeli dalam memantau serta menggunakan point reward kamu.  Dengan adanya point reward, menggunakan kartu kredit jadi semakin menguntungkan dan menyenangkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement