Senin 19 Dec 2016 08:29 WIB

3 Cara Jitu tidak Salah Pilih Kartu Kredit Baru

Kartu kredit
Foto: pixabay
Kartu kredit

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi Anda yang sudah pernah menggunakan kartu kredit sebelumnya, mungkin masih ingat saat pertama kali pihak bank penerbit kartu kredit tersebut menawarkan produk kartu kreditnya. Dengan berbagai penawaran menarik dari setiap jenis kartu kreditnya, membuat Anda menemukan mana kartu kredit yang sekiranya memang sesuai dengan kebutuhan. Namun, sebagian orang terkadang kurang memperhatikan kebutuhannya ini, sehingga sembarangan dalam memilih kartu kredit untuknya.

Jika salah pilih kartu kredit, tentunya nasabah akan mengalami ketidakpuasan dari penggunaan kartu kredit tersebut. sebagian besar fungsi kartu kreditnya ternyata tidak sinkron dengan kebutuhannya. Seperti untuk seseorang yang hobi berbelanja, namun ia malah memilih kartu kredit yang memberikan kemudahan untuk para traveller, tentunya  penggunaan kartu kredit tersebut kurang maksimal. Saat ada tawaran kartu kredit yang baru, usahakan pilih yang sesuai keadaan kebutuhan.

Bagaimana cara agar kita tidak salah lagi dalam memilih kartu kredit baru dan ingin mengganti kartu kredit lama, berikut ulasannya:

Cek Kebutuhan Anda

Ternyata Kebutuhan adalah dasar untuk mengambil keputusan dalam memilih kartu kredit yang sesuai bagi Anda. Lakukan pengecekan terhadap kebutuhan yang sekiranya dapat terbantu dengan adanya kartu kredit tersebut.

Umumnya, penawaran dari pihak bank untuk kartu kredit adalah promo menarik berupa diskon belanja, baik di dalam negeri maupun luar negeri, juga promo yang menunjang perjalanan bagi Anda yang memiliki hobi travelling. Dua hal ini pastinya menjadi kebutuhan yang harus ditunjang oleh kartu kredit, agar lebih mudah dan menyenangkan.

Jangan Memiliki Banyak Kartu Kredit

Untuk apa memiliki banyak kartu kredit, jika untuk satu kartu saja pelunasan tagihannya belum maksimal. Apalagi jika ada kartu kredit yang ternyata tidak digunakan bahkan hilang. Orang yang kurang bertanggung jawab, dapat memanfaatkan situasi tersebut. Memiliki banyak Kartu Kredit juga berisiko terhadap kondisi keuangan.

 

Ingat saja, bahwa Kartu Kredit sebenarnya bersifat bumerang. Di awal, mungkin hanya kemudahan dan kesenangan yang didapatkan nasabahnya, namun setelah itu, nasabah akan diingatkan untuk membayar cicilan tagihan setiap bulan, yang juga ditambah dengan biaya lainnya, serta suku bunga tertentu.

Anda Lakukan Perhitungan yang Tepat

Kartu kredit memang bersifat mempermudah transaksi keuangan, di mana saja dan kapan saja. kesannya memang seperti itu, namun Anda yang memang tertarik untuk memilikinya, perlu untuk melakukan perhitungan terlebih dulu di awal, sebelum memutuskan akan menggunakan kartu kredit. Hal ini terkait dengan tagihan yang nantinya harus dilunasi di setiap bulannya.

Sebaiknya Anda mampu untuk memperkirakan, berapa tagihan yang sanggup dilunasi perbulannya nanti, atas pemakaian kartu kredit tersebut. dan pilihlah kartu kredit yang menunjang keperluan, serta memberikan banyak keuntungan. Sebagai contoh, Anda yang hobi berbelanja tentu wajib memilih kartu kredit yang memberikan promo cashback dan juga point rewards.

Pastikan Kartu Kredit Baru Anda Menunjang Kebutuhan

Sekarang Anda sudah mengetahui, bahwa saat memilih kartu kredit baru, atau hendak mengganti kartu kredit lama dengan yang baru, maka pastikan kartu kredit tersebut memang mendukung kebutuhan. Bagi Anda yang hobi belanja, tentunya akan memilih Kartu kredit yang memberikan keuntungan dan kepuasan dalam berbelanja, begitu juga dengan kebutuhan lainnya.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement