Senin 27 Feb 2017 17:13 WIB

Misteri Sejarah di Balik Nama Oscar

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Piala Oscar
Foto: EPA
Piala Oscar

REPUBLIKA.CO.ID, HOLLYWOOD -- Ajang penganugerahan film Academy Awards ke-89 telah berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Ahad (26/2) petang waktu setempat. Para pemenang dianugerahi tropi keemasan bergengsi yang sering disebut Piala Oscar.

Piala itu secara resmi disebut Oscar oleh penyelenggara acara, Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) pada 1939. Sebelum itu, beberapa sumber telah mengklaim menamakannya demikian sebelum penyebutan oleh AMPAS.

Lantas, dari mana sebenarnya nama julukan itu berasal? Jawaban akuratnya ternyata tak diketahui seorang pun, meski ada sejumlah teori yang berkembang di baliknya sebagai berikut.

Nama paman seseorang

Teori paling populer adalah bahwa sebutan Oscar diberikan oleh Margaret Herrick yang menyebut sosok pria pada piala Academy Awards mirip dengan pamannya yang bernama sama. Herrick adalah pustakawati pertama AMPAS pada 1931.

Julukan dari jurnalis

Jurnalis Sidney Skolsky yang menulis pernyataan Herrick di kolom New York Daily News, mengklaim bahwa dirinya yang kali pertama mencetuskan nama itu. Skolsky mengaku terinspirasi lelucon Vaudeville untuk mengolok-olok acara tersebut.

Kesalahan Bette Davis

Aktris legendaris Bette Davis yang pernah menjabat sebagai Presiden AMPAS juga mengklaim bahwa dirinyalah yang memberi nama 'Oscar'. Menurut Davis, sosok piala tersebut mengingatkannya pada suami pertamanya, Harmon Oscar Nelson.

Ide orang lain

Penyebutan lain membuat semua teori tadi menjadi semakin membingungkan. Soalnya, sebuah artikel di majalah Time sudah menyebut nama itu pada 1934, juga sineas Walt Disney yang berterima kasih kepada Academy untuk 'Oscar'-nya pada 1932, dilansir dari laman Metro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement