Jumat 24 Feb 2017 14:46 WIB

Bersepeda di Desa Wisata Hijau Bilebante Lombok

Rep: M Nursyamsyi/ Red: Indira Rezkisari
Desa Wisata Bilebante, Lombok, NTB.
Foto:
Desa wisata Bilabante, Lombok.

Selain wisata sepeda, DWH Bilebante juga menawarkan program wisata lain seperti Bumi Perkemahan Seribu Cerita serta pelatihan pengolahan makanan berbahan dasar rumput laut dan produk makanan olahan unggulan yang dipandu Koperasi Wanita Putri Rinjani.

Sejak dirintis pada 5 September 2016 , jumlah pengunjung yang datang ke Bilebante tercatat sebanyak 300 orang. Mayoritas berasal dari turis asing seperti Irlandia, Jerman, Perancis, dan juga Timor Leste yang umumnya memilih paket wisata sepeda.

"Uang yang masuk kita simpan untuk  membangun atau melengkapi fasilitas lainnya," kata dia. Ia berharap pemerintah memiliki komitmen yang sama dalam memajukan desa wisata di Lombok dan juga dan mendukung kegiatan pemuda di Bilebante.

Pahrul mahfum jika pengelolaan hingga fasilitas DWH Bilebante masih jauh dari kata sempurna. Hal ini tak menyurutkan dia dan timnya untuk terus berbenah agar desanya semakin 'cantik' untuk menarik wisatawan.

Tips berkunjung ke Bilebante

- Bilebante terdiri dari dusun Muslim dan Hindu yang hidup harmonis. Tanyakan pada pemandu lokal mengenai kekayaan budaya setempat. Patuhi aturan dan hormati selama kunjungan

- Berpakaian sopan dan rapi sebagai salah satu cara menghormati budaya dan tradisi setempat.

- Bantu masyarakat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

- Ambil sebanyak mungkin pengalaman selama berwisata dan bagikan kepada orang lain.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement