Sabtu 18 Feb 2017 11:35 WIB

Gelombang Aksi Selebritas Anti-Trump

Pengikut pawai sedang mendengarkan pidato yang disampaikan saat pawai wanita anti-Trump yang digelar besar-besaran, (22/1).
Foto:
Demo Anti-Trump.

Strange Fruit

Aksi perlawanan berlanjut di hari pelantikan Trump dimana bintang-bintang Hollywood papan atas menolak menjadi pengisi acara. Sejumlah selebritas seperti Zara Larsson, The Chainsmokers, John Legend dan Celine Dion telah menolak hadir dalam Inaugurasi Presiden Amerika ke-45 tersebut.

Sehari sebelum acara pelantikan Trump, Audioslave menggelar rencana konser bersama sejumlah musisi Chris Cornell, Vic Mensa, Jackson Browne dan komedian Jack Black. Band rock asal Amerika Serikat ini menggelar konser sebagai bentuk kekecewaan atas terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS. Gitaris Audioslave, Tom Morello, mengekspresikan penolakannya dengan memajang tulisan "Not My President" di balik gitarnya.

Di hari-H pelantikan Trump, sutradara Michael Moore menggagas aksi protes di luar hotel milik keluarga Trump di kota New York. Moore bergabung bersama Alec Baldwin, Rosie Perez, Rev Al Sharpton, Mark Ruffalo dan Bill de Blasio mengajak masyarakat Amerika ikut turun aksi demonstrasi.

Sementara, selebritas lainnya memilih melakukan aksi protes dalam bentuk boikot acara pelantikan Trump. Musisi Bruce Springsteen, Elton John, Moby, Charlotte Church dan Rebecca Ferguson menolak tampil mengisi acara. Mereka menulis surat terbuka yang berisi mereka hanya akan hadir jika bisa menyanyikan lagu 'Strange Fruit' dari musisi Billie Holiday.

Lagu 'Strange Fruit' merupakan bentuk ekspresi protes pada 1937 di Amerika Serikat. Lagu ini ditunjukan untuk orang kulit hitam yang diabaikan dan sering diremehkan di Amerika Serikat. Karena terlalu controversial, 'Strange Fruit' masuk daftar hitam di Amerika Serikat.

Aksi tidak berhenti di situ. Sehari setelah pelantikan Trump, aksi massa digelar di Washington untuk menolak Trump yang dinilai menebarkan kebencian dan rasisme. Aksi ini didukung sejumlah selebritas papan atas seperti Madonna, Beyoncé, Rowan Blanchard, Olivia Wilde, Julianne Moore, Mark Rufallo, Chloe Grace Moretz, Lupita Nyong’o, Katy Perry, Taylor Swift, Zendaya, Maxwell, Demi Lovato, Sophia Bush, Ellen Page, Lena Dunham, Pink, Chrissy Teigen, Natalie Portman, Scarlett Johansson, dan Amy Schumer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement