Sabtu 11 Feb 2017 08:24 WIB

24 Kapal Pesiar akan Singgah di Lombok Selama 2017

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Hazliansyah
Wisatawan mancanegara turun dari kapal kapal pesiar MS Volendam yang bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali, Rabu (28/12).
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Wisatawan mancanegara turun dari kapal kapal pesiar MS Volendam yang bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali, Rabu (28/12).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Muhammad Faozal mengatakan, sekitar 24 kapal pesiar jenis cruise direncanakan akan singgah di Lombok selama 2017 ini.

"Tahun ini yang sudah request datang ada 24 kapal cruise, akan singgah di Lombok lewat Pelabuhan Lembar," ujar dia di Mataram, NTB, Jumat (10/2).

Faozal menyebutkan, jumlah ini mengalami kenaikan cukup signifikan dibanding tahun lalu yang hanya sebanyak 18 kapal cruise. Nantinya, para penumpang kapal pesiar tersebut akan menikmati one day trip di sejumlah destinasi wisata di Lombok.

Ia akan berkoordinasi dengan otoritas pelabuhan dalam menyambut kapal cruise yang mayoritas berasal dari eropa dan juga Singapura itu.

"H-2 kita adakan pertemuan dengan otoritas pelabuhan," lanjut dia.

Faozal menjelaskan, wisatawan yang datang menggunakan kapal cruise memiliki potensi dalam peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Lombok. Pasalnya, dengan kapasitas yang mampu membawa hingga 5.000 penumpang, tercatat kedatangan turis asing melalui kapal cruise pada 2016 mencapai 50 ribu orang.

Paket one day trip yang ditawarkan, para penumpang kapal cruise akan disajikan atraksi seni dan budaya yang disediakan Dinas Pariwisata NTB, kemudian berkunjung ke Museum Negeri NTB dan Taman Budaya NTB di Mataram.

General Manager PT Pelindo III Pelabuhan Lembar Baharuddin mengatakan hal serupa. Dia mencatat sudah ada 24 kapal cruise yang konfirmasi untuk singgah di Pelabuhan Lembar selama tahun ini.

"Dari Januari sampai Februari sudah masuk tiga kapal pesiar. Yang terbaru pada Selasa (7/2) lalu, kapal pesiar Volendam berbendera Belanda," kata dia.

Kapal yang membawa sekitar 1.968 orang penumpang dan awak kapal itu singgah di Lembar pada Selasa pagi hingga malam.

"Jadi ribuan penumpang yang merupakan wisatawan dari eropa itu sempat mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Lombok," Baharuddin menambahkan.

Muhammad Nursyamsyi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement