Jumat 10 Feb 2017 20:07 WIB

Bagaimana Pola Sarapan Masyarakat Indonesia?

Sarapan Sehat
Sarapan Sehat

REPUBLIKA.CO.ID, Masyarakat Indonesia punya pola sarapan tersendiri. Dari hasil survei yang dilakukan Cookpad Indonesia kepada pengguna Cookpad di seluruh Indonesia, diketahui 82 persen responden wanita yang sudah menikah terbiasa sarapan dan 87 persen memasak sarapannya di rumah.

Hal ini tentunya sangat baik karena dengan sarapan, tubuh akan mendapatkan energi untuk mengawali hari dengan kondisi prima. Kita juga dapat menentukan sendiri menu sarapan yang baik untuk keluarga.

"Selain itu, sarapan dapat menghadirkan momen kebersamaan dengan keluarga di pagi hari sebelum memulai aktivitas harian," kata Chief Communications Officer, Aprina Dwi Pancari lewat rilis yang diterima Republika, Jumat (10/2).

Ia mengatakan menyiapkan sarapan juga bukan sesuatu hal yang sulit karena sebanyak 79 persen responden bisa meluangkan waktunya kurang dari 30 menit untuk menyiapkan sarapan. Tentunya, kreasi menu sehat dan hemat baik dari sisi biaya maupun waktu menjadi pilihan.

"Bagi sebagian orang, memasak itu susah padahal dengan memasak sendiri secara tidak langsung kita menerapkan gaya hidup sehat karena dapat menentukan sendiri bahan-bahan segar dan meracik sesuai selera," katanya.

Dari survei itu juga diketahui menu berbahan dasar nasi dan roti ternyata dominan dipilih sebagai menu sarapan selain diantaranya bubur, sereal dan buah-buahan. Kandungan karbohidrat dan gula yang terkandung  di dalam nasi menjadi sumber tenaga yang cepat karena mudah diserap oleh tubuh begitu pula dengan roti, makanan yang sangat mudah ditemui dan banyak diminati. Roti yang berbahan dasar tepung dan air yang difermentasikan dengan ragi menjadi alternatif makanan untuk sarapan karena dinilai praktis dan mengenyangkan.

"Di Cookpad Indonesia, tersimpan lebih dari delapan ribu resep berbahan dasar nasi (https://cookpad.com/id/cari/nasi) dan 12 ribu resep roti (https://cookpad.com/id/cari/roti) yang bisa menjadi referensi masyarakat dalam membuat sarapan untuk keluarga. Resep-resep ini ditulis oleh ribuan pengguna Cookpad yang saling berbagi pengalaman agar masak menjadi lebih menyenangkan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement