Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Gerai Kedua Ippudo Miliki Dapur Terpisah

Rep: Novita Intan Sari
Ramen Ippudo
Republika/Novita Intan Ramen Ippudo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ippudo memang terkenal dengan ramen sebagai menu utamanya. Khusus di Indonesia Ippudo menciptakan menu yang tidak berbabi dalam ramennya.

Sponsored
Sponsored Ads

Country Manager Ippudo Indonesia, Lukas Law mengatakan proses pembuatan ketiga ramen halal diawali dari kaldu tulang ayam yang direbus selama 15 jam di atas api kecil. Kemudian ditambahkan katsuobushi premium dan shoyu ramen premium yang didatangkan dari Jepang.

"Tiga ramen ayam itu tidak mengandung 100 persen babi, karena alat masak dibedakan antara babi dan non-babi," ujar Lukas di Jakarta, Selasa (7/2).

Scroll untuk membaca

Lukas merinci, kuah bening kecokelatan itu terhidang dari rebusan tulang ayam dengan campuran shoyu atau kecap kedelai.  Di dalamnya terdapat ramen yang terpadu pas dengan kuah kaldu ayam yang khas itu.

Tak terpisahkan dengan kuah dan ramen adalah chashu atau irisan daging ayam yang gurih. Disertakan pula menma atau irisan rebung dan narutomaki, bakso ikan.

Sementara Senior Manager Ippudo Indonesia, Amanda Sihombing menambahkan Ippudo memiliki dua dapur untuk membedakan menu halal dan tidak halalnya. Tidak hanya dapur yang terpisah, perangkat makannya juga berbeda agar memastikan tidak ada persinggungan antara kedua menu tersebut.

"Sebenarnya kita punya chicken ramen dan miso untuk Ippudo Indonesia, kita memang tidak bisa dibilang ramen halal karena kita memiliki menu ramen pork. Tapi chicken ramen dan miso dipastikan 100 persen tidak mengandung pork, karena peralatan seperti mangkok, sendok dipisahkan dengan alat yang pork," jelasnya.

Selanjutnya, yang memastikan menu ramen ayam tidak mengandung babi, di mana Ippudo memisahkan alat masak dengan menandainya sebuah label, termasuk tempat pencucian alat masak.

"Centong dan alat ukur kita bedakan, kita labeli sehingga tidak tercampur. Pencuciannya juga terpisah, tapi beda timing cucinya, pakai steam dan uap panas. Chicken bareng dengan chicken lalu pork dengan pork," ungkapnya.

Terakhir, dengan memilah bahan baku menu ramen ayam dan babi. Namun, pada dasarnya Ippudon tidak menyebut menu makanan ramen berlabel halal karena Ippudo belum memiliki sertifikasi halal.

"Kita tidak bisa mengatakan halal cuma pork dan non pork saja. Karena kalau halal kan harus ada sertifikasinya kita cuma bisa membedakan ini pork atau free pork," jelas Amanda.

Senior Manager Ippudo Indonesia, Amanda Sihombing, mengatakan selain memiliki menu andalan ramen, Ippudo menyediakan beberapa makanan pendamping ramen.

"Paling disukai itu Salmon Mango Salad dan Ippudo famous Bun," ujarnya. Ada juga beberapa menu makanan pendamping lainnya, seperti Potato Salad, Goma Q, Peperoncino Edamame, Green Salad, Classic Gyoza, Sake Mentai Rice, Worldwide Favorite Salmon Roll, dan lainnya.

Jika dirinci, ada tiga menu andalan pendamping ramen antara lain, Salmon and Chips, Ippudo memilih menggunakan ikan salmon yang biasanya digunakan untuk steak dan sushi di restoran jepang lainnya. Untuk sentuhan keunikan rasa berbeda, Salmon and Chips ini disajikan bersama dengan kombinasi antara saus asam manis dan saus tartar.

Kemudian, Spider Roll, sebuah hidangan yang berbentuk Maki Sushi, yaitu nasi ala jepang yang dilapisi nori dan berisikan soft shell crab, potongan mentimun dan selada yang memberikan sensasi rasa segar dan gurih. Tidak lupa sebagai pelengkap dari rasa spider roll ini, disediakan juga saus mayones pedas untuk memberikan sentuhan rasa creamy pedas yang unik.

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>