Kamis 26 Jan 2017 07:50 WIB

Kembali Hadir, Kisah Cinta Galih dan Ratna Versi Millenial

Rep: Rossi Handayani/ Red: Hazliansyah
Poster film Galih dan Ratna
Foto: IST
Poster film Galih dan Ratna

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Gita Cinta dari SMA yang tayang pada tahun 1979 bisa disebut sebagai salah satu film romantis Indonesia terbaik. Film yang diperankan Rano Karno dan Yessy Gusman itu begitu fenomenal, termasuk sejumlah lagu yang ada di dalamnya. Diantaranya lagu "Galih dan Ratna" yang dibawakan oleh Chrisye.

Kini, 38 tahun berselang, film yang diangkat dari novel karya Eddy D Iskandar itu akan kembali hadir. Bedanya, film yang berjudul Galih dan Ratna ini akan hadir dengan bungkus yang millenial, sesuai dengan perkembangan zaman.

Lucky Kuswandi selaku sutradara mengatakan, film ini merupakan sebuah perayaan cinta pertama, passion, dan musik. Elemen musik, dan proses kreatifnya, merupakan salah satu hal utama yang menyatukan Galih dan Ratna.

"Saya suka dengan orang-orang yang hidup dalam tahap transisi, dari muda ke dewasa. Dengan problema masing-masing, berusaha mendapatkan koneksi, itu yang membuat relate masuk project ini," kata Lucky dalam peluncuran trailer film tersebut, kemarin.

Galih merupakan murid teladan yang punya passion di musik, namun belum pernah mengenal cinta. Sedangkan Ratna, remaja yang mengejar hal-hal instan, namun tak punya tujuan hidup.

Perjumpaan di penghujung SMA berlanjut ke sebuah kisah cinta yang manis, menggebu-gebu dan juga pahit, membawa keduanya pada tahap pendewasaan di mana tanggung-jawab, tuntutan, dan passion saling berperang, hingga akhirnya berdamai.

Lucky menganalogikan semua ini lewat warna abu-abu dari seragam SMA yang dipakai Galih dan Ratna. Abu-abu, sebuah warna transisi antara hitam dan putih.

"Masa SMA, dianggap sebagai masa yang membingungkan, transisi antara remaja dan dewasa, proses yang dianggap sulit, pahit, juga indah," kata Lucky.

Film produksi 360°Synergy dan Nant Entertainment ini dibintangi oleh aktor pendatang baru Refal Hady sebagai Galih, dan aktris sekaligus penyanyi Sheryl Sheinafia, serta didukung Marissa Anita, Joko Anwar, Ayu Dyah Pasha, Hengky Tornando, dan dengan penampilan spesial oleh Rano Karno dan Yessy Gusman.

Sejumlah musisi papan atas dan berbakat negeri ini mewarnai keindahan film Galih dan Ratna yaitu trio GAC, Randy Pandugo, White Shoes & the Couple's Company, Sore, Koil, Audrey Tapiheru, Cantika Abigail, Ivan Gojaya, Agustin Oendari, dan juga Sheryl Sheinafla.

Kisah cinta ini akan ada di layar bioskop nasional dan juga di luar negeri, seperti Malaysia dan Brunei mulai 9 Maret 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement