Jumat 20 Jan 2017 09:55 WIB

Bidik Indonesia, Melaka Tawarkan Wisata Sejarah Hingga Kesehatan

Salah satu museum di Melaka
Foto: EPA
Salah satu museum di Melaka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tourism Melaka menargetkan jumlah kunjungan wisatawan pada 2020 mencapai angka 20 juta wisatawan. Guna mencapai hal tersebut, Melaka telah menyiapkan berbagai perencanaan.

Ketua Menteri Melaka, Datuk Seri Utama Ir HJ Idris bin HJ Haron mengatakan, perencanaan yang ada didasarkan pada keunggulan-keunggulan pariwisata Melaka. Salah satunya adalah pengakuan Melaka sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

"Penetapan ini adalah berdasarkan usaha kerajaan Melaka dalam memelihara peninggalan sejarah dari zaman Bortugis, Belanda dan Inggris sejak lebih dari 500 tahun lalu," ujar Datuk Seri Utama Ir HJ Idris bin HJ Haron, dalam Seminar dan Melaka Travel Mart, kemarin di Hotel Borobudur, Jakarta.

Berdasarkan keunikan tersebut, Melaka dikatakanya telah menjadi desinasi utama wisata di Malaysia.

Selain itu Melaka juga memiliki pilihan tempat-tempat menarik bagi wisatawan yang unik dan mempesona berdasarkan 12 sub sektor pariwisata Negeri Melaka. Diantaranya seperti Melaka River Cruise dan Menara Taming Sari.

Melaka juga memiliki 24 museum dan 12 galeri di seluruh negeri Melaka.

"Bagi penggemar sejarah, wisatawan dapat memilih paket Melaka Heritage Trail secara gratis di kawasan bersejarah Banda Hilir, termasuk di Kampung Morten, Kampung Portugis dan Kampung Chetti," kata dia.

Wisata kesehatan juga salah satu penyumbang terbesar jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Melaka dengan jumlah mencapai 93.959 orang dari 102.608 wisatawan asing yang memilih perawatan di Melaka.

"Empat rumah sakit yang ada menawarkan perawatan spesialis dengan harga yang separuh lebih rendah dibanding perawatan di Singapura dan Jakarta. Diantaranya Putra Specialist Hospital, Mahkota Medical Centre, Hospital Pantai dan Oriental Melaka Straits Hospital," kata dia.

Saat ini, dikatakan Idris, Kementerian Melaka juga tengah menjalankan proyek pembangunan Melaka Gateway, dengan membangun tujuh pelabuhan internasional di sepanjang 73 kilometer pesisir pantai Melaka. Rancangan pembangunan Lebuh Raya Pantai dan juga pemanjangan lapangan terbang internasional Melaka.

"Saya berharap melalui acara ini lebih banyak paket perjalanan Melaka terjual. Travel Mart kali ini juga untuk menjalin hubungan kerja sama erat kedua belah pihak dalam berbagai bidang lain," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement