Selasa 06 Dec 2016 06:07 WIB

Ke Jambi? Jangan Lewatkan Kuliner Ini

Sambal tempoyak (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Sambal tempoyak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Indonesia dikenal dengan kekayaan kulinernya yang beragam. Setiap daerah bahkan memiliki karakter masakan yang  menandakan kekhasan daerah mereka masing-masing. Salah satunya Jambi, kota yang masih serumpun dengan kota Padang ini memiliki cita rasa masakan khas bangsa melayu. Mulai dari penggunaan bumbu yang beragam hingga jenis masakannya yang hampir didominasi dengan rasa gurih dan pedas.

4 Tempat Wisata Unik di Jambi

Berikut makanan khas Jambi yang wajib dicoba dan dijamin akan membuat siapapun yang memakannya menjadi ketagihan.

Gulai Tepek Ikan

Gulai tepek ikan berbahan dasar ikan gabus atau bisa juga ikan tenggiri.Tepek ikan menyerupai empek-empek yang ikannya diolah menggunakan sagu uleni. Bedanya, kuah tepek ikan tidak terbuat dari cuka melainkan santan yang dimasak gulai. Gulai tepek ikan mengeluarkan cita rasa asam sekaligus segar karena kuah gulainya dicampurkan dengan irisan nanas. Uniknya, gulai ini biasanya hanya muncul pada saat momen-momen penting saja seperti pernikahan, kenduri, ataupun acara adat.

Nasi Gemuk

Nasi gemuk merupakan nasi yang diolah dengan menggunakan bahan dan bumbu seperti santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk, sehingga nasi mengeluarkan rasa gurih saat dimakan. Di daerah lain ada menu yang menyerupai nasi gemuk ini seperti nasi lemak di Malaysia, nasi uduk di Jakarta dan nasi tumpeng di yang populer di tanah Jawa. Nasi gemuk biasa disajikan dengan berbagai lauk yaitu telur rebus, campuran teri dan kacang tanah goreng, bawang goreng, kerupuk kanji dan sambel terasi atau bisa juga ditambahkan dengan daging ayam.

Tempoyak

Tempoyak merupakan masakan berbahan dasar durian. Bagi yang belum pernah mencobanya, masakan ini mungkin akan terasa sedikit asing apalagi jika harus dinikmati sebagai lauk dan menyantapnya dengan nasi. Selain di Jambi, sebenarnya tempoyak juga dapat ditemukan di beberapa daerah lain seperti Bengkulu, Lampung dan Palembang hingga Kalimantan, namun tentu masing-masing daerah memiliki karakter yang berbeda.

Tempoyak khas Jambi ini diolah dengan menggunakan ikan patin dan kemudian dimasak menggunakan bumbu dapur diantaranya lengkuas, jahe dan kunyit. Tempoyak memiliki rasa asam sekaligus manis saat disantap. Asam karena durian sebelumnya telah difermentasi dan manis karena pengaruh rasa asli durian.

Kue Srikaya

Meskipun bernama srikaya, camilan khas Jambi satu ini tidaklah menggunakan srikaya sebagai bahan utama melainkan tape. Tape diolah dengan santan, gula pasir dan telur. Sementara, warna hijau pada srikaya berasal dari pewarna alami yaitu daun pandan. Selain sebagai pewarna, daun pandan membuat aroma srikaya menjadi wangi dan menggugah selera.

Untuk mempermudah agenda wisata Anda di Jambi, ada baiknya memesan hotel terlebih dahulu. Hotel Airy Rooms menyediakan layanan melalui aplikasi Android atau Apple Store. Selain itu Anda juga bisa reservasi lewat situs www.airyrooms.com atau untuk layanan konsumen bisa menghubungi 0804-111-2479 (fix line) dan 0812-8070-0020 (WhatsApp).

Hotel dari Airy Rooms dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis. Harganya murah karena Airy Rooms bekerja sama dengan sejumlah hotel. Untuk pembayarannya pun sangat mudah, bisa melalui transfer rekening antar bank, atau pun kartu kredit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement