Jumat 02 Dec 2016 15:52 WIB

Makanan yang Wajib Dicoba Selama di Belitung

Wisatawan menikmati keindahan di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, Kamis (10/3).   (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Wisatawan menikmati keindahan di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, Kamis (10/3). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sejak kemunculannya dalam film Laskar Pelangi, banyak wisatawan berbondong-bondong ingin menyaksikan dan menikmati langsung keindahan alam Belitung. Pasalnya banyak spot disana yang bisa dimanfaatkan untuk sekadar tempat berlibur atau jadi latar prawedding.

Eits, tapi jangan salah, selain wisata alam yang elok, Belitung ternyata juga menyimpan makanan khas daerah yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke sana. Ada banyak ragam kuliner yang wajib Anda coba jika menginjakkan kaki di pulau yang dulunya dikenal dengan sebutan Billiton ini.

Berikut  makanan khas Belitung yang akan buat lidah Anda bergoyang:

Mie Belitung

Belum ke Belitung namanya jika tidak mencicipi langsung Mie Belitung di daerahnya sendiri.  Mie Belitung terdiri dari campuran mie kuning, tauge, potongan tahu goreng, ketimun, kentang, emping dan cabe rawit tumbuk. Siraman kuah kaldu udang membuat rasa Mie Belitung semakin gurih. Selain dari udang, kuah Mie Belitung bisa juga dibuat menggunakan kaldu sapi atau kaldu ayam. Sedikit perasan jeruk kunci akan membuat mie Belitung semakin nikmat ketika disantap.

Gangan Tumis

Masakan khas Belitung lainnya yang wajib dicicipi adalah Gangan Tumis. Gangan Tumis biasanya terbuat dari ikan-ikan segar dari laut seperti ikan tongkol maupun ikan kakap. Gangan Tumis memiliki rasa pedas ketika disantap, serta mengeluarkan sensasi rasa asam karena adanya campuran tomat ataupun nanas. Gangan dimasak menggunakan banyak bahan rempah diantaranya bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh, dan kemiri, untuk menghilangkan bau amis pada ikan sekaligus membuat daging ikan menjadi gurih.

Aneka Camilan Tradisonal

Selain makanan berat, Belitung juga memiliki sejumlah camilan tradisional khas Belitung yang sayang untuk dilewatkan. Ketika melancong ke Belitung, jangan lupa mencicipi kue Jungkong. Kue Jungkong merupakan sejenis kue basah yang sangat mudah ditemui di Belitung. Memiliki rasa yang manis dan gurih, kue Jungkong terbuat dari bubur sumsum yang disajikan dengan ketan hitam. Jajanan tradisional ini cocok dinikmati dalam kondisi apapun baik hangat ataupun dingin.

Tak hanya kue basah, ada pula camilan kue kering yang bisa dinikmati kapanpun seperti kue Rintak Susu. Rintak susu memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang agak keras. Kue kering yang termasuk sebagai camilan jadul ini terbuat dari tepung sagu, telur dan santan.

Supaya jalan-jalan kamu di Belitung semakin seru, jangan lupa memesan hotel terlebih dahulu. Sebab Bandung sebagai salah satu destinasi favorit kerap diserbu pengunjung dari berbagai kota di akhir pekan.

Cara memesan hotel kini cukup mudah, hanya dengan melalui aplikasi Android atau Apple Store seperti  Hotel Airy Rooms. Anda juga bisa reservasi lewat situs www.airyrooms.com.

Atau untuk layanan konsumen bisa menghubungi 0804-111-2479 (fix line) dan 0812-8070-0020 (WhatsApp). Untuk pembayarannya pun sangat mudah, bisa melalui transfer rekening antar bank, atau pun kartu kredit.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement