Selasa 22 Nov 2016 07:17 WIB

3 Langkah Bantu Anak Menyukai Bacaan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Anak sedang membaca buku
Foto: Republika/ Wihdan
Anak sedang membaca buku

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membaca bukanlah sekadar hobi dalam mengisi waktu senggang semata. Namun begitu banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan itu. Berbagai pengetahuan mampu diserap dari kata-kata yang tertulis dalam sebuah buku.

Saking besar manfaatnya, kecintaan pada bacaan tentu harus segera ditularkan. Terlebih lagi dari para orang tua kepada anak-anaknya. Perlu beberapa cara khusus yang harus dilakukan orang tua agar anak bisa menyukai kegiatan membaca seperti dilansir Life hack, Selasa (22/11).

 

Baca untuk mereka

Mulailah membaca buku untuk anak Anda sesegera mungkin. Anda akan terkejut melihat efek yang akan Anda dapatkan dari sikap tersebut. Bahkan, saat mereka belum bisa membaca, orang tua boleh memulai kegiatan ini. Hal ini setidaknya dilakukan dengan bicara kepada mereka melalui buku bergambar. Saat mereka semakin besar, proses mendengarkan mereka dari cara Anda bercerita melalui buku bacaan itu akan berpengaruh pada tingkat minat membacanya.

 

Baca bersama

Saat anak mulai tertarik dengan buku bacaannya, orang tua tidak boleh menghilangkan kesempatan ini. Cobalah memberikan buku dengan kata-kata yang mudah untuk mereka. Bantu mereka membaca satu kalimat atau satu paragraf hingga ke buku bacaan selanjutya. Cara ini dianggap menyenangkan sekaligus mampu membantu anak menyukai kegiatan tersebut.

 

Membaca di sekitar mereka

Buku yang dibaca orang tua akan berpengaruh pada keinginan anak untuk membacanya. Untuk itu, pastikan anak membaca buku yang sesuai dengan usianya. Coba juga untuk membuat perpustakaan khusus  berukuran kecil sehingga dapat menarik minat baca anak ke depannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement