Ahad 05 Mar 2023 23:42 WIB

Agar Anak Senang Baca Buku, Begini Trik yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Kecintaan terhadap buku dan aktivitas membaca bisa ditanamkan sejak dini pada anak.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Anak membaca buku (ilustrasi). Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk menginspirasi anak mereka agar senang membaca.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Anak membaca buku (ilustrasi). Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk menginspirasi anak mereka agar senang membaca.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebiasaan membaca bisa membawa beragam manfaat bagi anak, mulai dari menunjang perkembangan kognitif hingga meningkatkan imajinasi dan kreativitas. Kecintaan terhadap buku dan aktivitas membaca bisa ditanamkan sejak dini pada anak melalui beberapa trik sederhana.

"Kecintaan pada membaca merupakan salah satu hadiah paling luar biasa yang bisa diberikan kepada anak," kata pendiri BookTastic Rachael Rogan seperti dilansir Independent.

Baca Juga

Rogan mengungkapkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk menginspirasi anak mereka agar senang membaca. Berikut ini adalah lima kiat di antaranya menurut Rogan:

1. Ciptakan suasana menyenangkan

Orang tua perlu memperkenalkan membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan untuk menumbuhkan ketertarikan anak. Suasana yang menyenangkan juga dapat membuat anak merasa lebih rileks dan benar-benar terlibat. Untuk lebih menarik minat anak, orang tua dapat menyediakan buku-buku fiksi yang pemeran utamanya memiliki kemiripan dengan anak.

"Anak cenderung menyukai karakter yang mirip dengan mereka, karakter yang terasa dekat dengan mereka, dan yang aspirasional dan inspirasional," ujar juru bicara Readly, Dr Jacqueline Harding.

2. Kualitas lebih utama

Orang tua tak harus memaksakan anak untuk membaca dalam waktu yang lama dalam satu kali duduk. Yang perlu menjadi target adalah, anak merasa puas dan percaya diri setelah sesi membaca usai.

Memaksakan kehendak justru bisa membuat anak merasa bosan setelah sesi membaca usai. Hal ini dapat menghalangi anak merasa antusias untuk melakukan aktivitas membaca berikutnya.

3. Terlibat dengan anak

Orang tua sebaiknya ikut terlibat dalam aktivitas membaca buku anak. Kehadiran orang tua dapat menjadi teman anak untuk berbagi tawa dan kesenangan selama membaca buku. Usai membaca buku, orang tua juga bisa saling bertukar pikiran dengan anak mengenai karakter hingga jalan cerita dalam buku yang mereka baca bersama-sama.

4. Manfaatkan gambar

Peran ilustrasi dalam buku bacaan juga tak boleh diremehkan. Selain dapat menumbuhkan ketertarikan, ilustrasi juga dapat membantu memperdalam narasi hingga memberikan gambaran yang lebih mudah dimengerti mengenai isu sosial hingga budaya.

5. Berikan opsi

Di masa kecil, orang tua mungkin lebih terbiasa untuk membaca buku dengan bentuk fisiknya. Akan tetapi, anak-anak di masa kini mungkin lebih tertarik untuk membaca buku dalam format digital. Biarkan anak memilih format bacaan yang paling dia gemari agar mereka bisa memiliki motivasi membaca yang lebih besar.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement