Senin 14 Nov 2016 07:26 WIB

10 Tempat Wisata Seoul Terbaik yang Harus Dikunjungi

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Istana Cheodeokgung di Seoul.
Foto: EPA
Istana Cheodeokgung di Seoul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Korea Selatan hingga kini masih memiliki daya tarik besar bagi para wisatawan mancanegara terutama Indonesia. Kesuksesan dan meluasnya dunia musik dan dramalah yang membuat  ‘Negeri Gingseng’ ini semakin dikenal dunia.

Capaian ini pun berdampak pada wisata yang ternyata berhasil memikat jutaan pelancong terutama di Kota Seoul. Sebenarnya banyak wisata menarik yang ditawarkan Korea Selatan untuk para pelancong dunia. Namun di antara itu semua, terdapat 10 tempat wisata Seoul yang dianggap terbaik dan harus dikunjungi seperti tertera pada Buku Seoul karya Simon Richmond.

Cheong gye cheon

Sungai Cheong gye cheon pada awalnya tidak terlalu menarik perhatian banyak masyarakat mengingat tertutup dengan jalan tol. Namun segalanya berubah setelah Presiden Korea Selatan, Lee Myung Bak merehabilitasinya dari 2003 hingga 2005. Kini Sungai tersebut telah dianggap sebagai pusatnya Seoul oleh masyarakat setempat.

Cheong gye cheon menyajikan taman dengan pemandangan indah dari tenangnya air sungai. Di sini, pengunjung dapat bersantai dan bercengkerama menghabiskan waktu senggang bersama teman terdekatnya.

Untuk lebih menarik,  tempat tersebut seringkali menyelenggarakan berbagai acara, seperti pameran karya seni. Sejumlah karya seni yang berupa hasil kurasi dan daur ulang kreatif akan menghiasi sepanjang satu kilometer di tepian sungai.

Desa Buckchon Hanok

Pemerintah Korea Selatan memang patut diapresiasi dalam melestarikan peninggalan sejarah. Seperti halnya, Desa Bukchon Hanok yang berlokasi di Seoul. Desa ini dulunya tempat tinggal para bangsawan di zaman kerajaan. Kini area tersebut menjadi salah satu daftar lokasi wisata yang sangat disarankan untuk dikunjungi menurut berbagai pihak.

Desa ini menekankan akan keindahan rumah tradisional Korea Selatan. Melalui desa ini, pelancong tidak hanya dapat menikmati pemandangan unik tapi berbagai kuliner lokal juga. Bahkan, desa ini menyediakan kafe maupun toko cenderamata yang mungkin bisa dibawa sebagai buah tangan.

Changdeokgung

"Istana Kebajikan Gemilang”, itulah makna dari Cheodeokgung di Seoul. Istana yang didirikan pada abad 15-an ini telah menjadi perhatian UNESCO. Keunikan dan keindahan properti peninggalan para rajalah yang membuatnya begitu memikat banyak pihak. Terlebih lagi, lokasi ini dianggap sangat tepat  untuk dapat menikmati pemandangan bulan purnama di bulan-bulan bersuhu hangat.

Pasar Gwangjang

Gwangjang dapat dibilang menjadi salah satu pasar tradisional terbaik di Seoul. Di siang hari, pasar ini akan diramaikan para penjual dengan berbagai pakaian bekas dan kain. Sementara malam hari akan berubah dengan berbagai jajanan lokal seperti kimbab dan bindaettok yang akan selalu habis terjual.

Namsan dan Menara N Seoul

Belum bisa disebut pernah ke Korea Selatan kalau belum mengunjungi Namsan dan menara N Seoul. Hal seperti inilah yang seringkali didengar dan disarankan seseorang jika berada di Seoul. Lokasi dan menara ini memang menjadi salah satu ikon dari Kota Seoul, Korea Selatan.

Namsan dikelilingi taman yang luasnya 109 hektare dan semakin luar biasa dengan adanya menara N Seoul. Dari menara ini, para wisatawan dapat menikmati pemandangan menakjubkan sambil menghirup udara segar dari kota Seoul.

Tak hanya berhenti di situ, para pengunjung juga tidak boleh lupa untuk mengunci gembok cinta dengan pasangan. Kegiatan ini sudah dianggap kebiasaan saat berada di tempat wisata tersebut. Beberapa pasangan berharap cinta mereka abadi dengan kebiasaan unik ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement