Rabu 09 Nov 2016 15:13 WIB

Gosht Dum Briyani, Nasi Khas India yang Dibalut Roti

Gosht Dum Briyani
Foto: dok Ritz-Carlton Kuningan
Gosht Dum Briyani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aroma rempah-rempah India menusuk hidung ketika kulit roti disobek. Buliran beras panjang berwarna kekuningan kelihatan dari sobekan roti. Itulah Gosht Dum Briyani atau nasi briyani yang dikukus dalam bungkusan kulit roti.

Pemasaknya adalah Altamash Iqbal, chef de cuisine dari Ritz-Carlton Bangalore India. Iqbal secara khusus hadir di restoran Asia di Ritz-Carlton Mega Kuningan Jakarta. Sejak kemarin (8/11) hingga 18 November 2016, Iqbal akan menyajikan beragam hidangan India di restoran Asia.

Dari beragam menu yang diracik Iqbal nasi briyani menjadi hidangan paling istimewa. "Briyani sangat spesial, memasaknya hanya cukup menaruh semua bahan dalam satu wadah. Beras, ayam, yogurt, lalu tutup panci," katanya.

Tapi Iqbal memutuskan memasak briyani dalam bungkusan kulit roti. Tujuannya agar semua rasa terbungkus dalam nasi dan ayam menghasilkan rasa yang optimal. Selain membungkus nasi briyani dengan adonan roti, Iqbal mengatakan menggunakan daun pun bisa.

Gosht Dum Briyani juga disebutnya dimasak dengan cara berbeda. "Saya siapkan bumbunya dulu, baru beras masuk," katanya. Bumbu nasi briyani dikatakannya standar masakan India yang merangkum dari kunyit, pala, garam masala, hingga kelopak bunga mawar, dan bubuk bunganya. Sedangkan pilihan ayam atau daging sapi bisa disesuaikan dengan selera untuk memasak briyani. Iqbal menyarankan memilih daging yang bertulang karena rasanya akan lebih sedap.

Ketika ingin menyantap briyani, Iqbal menyarankan melahapnya bersama yogurt. Pilihan yogurtnya terserah, bisa yogurt dengan ketimun dan daun dill atau yogurt yang agak pedas.

Markrand Shukla, direktur Jawaharlal Nehru Indian Culture Center, menjelaskan nasi briyani berasal dari bagian utara India. "Kawasan utara India menghasilkan kuliner yang menjadi duta makanan India, atau makanan India yang paling dikenal," ujarnya.

Ia menyebut penyebabnya mungkin karena Ibu Kota India, Delhi, yang terletak di kawasan utara. Makanan India memiliki banyak pengaruh dari budaya kuliner Islam Arab. Memakan roti misalnya sesungguhnya bukan budaya asli India. Markrand mengatakan budaya makan roti didapat masyarakat India dari pengaruh orang Arab. Sekarang hampir di seluruh penjuru India orang makan kari bersama beragam jenis roti. Bahkan ada lebih dari 100 varian roti di seluruh India.

Selama promosi makanan India, beragam kuliner khas negara Bollywood tersedia. Beberapa yang unik adalah Subz Dum Banarsi atau sayuran berbumbu India. Kemudian ada Murgo Korma atau ayam kuah kental, hingga Rogan Josh yakni daging kambing yang dimasak dengan bawang bombay, bawang merah, dan yogurt.

Promosi kuliner India bisa dinikmati untuk makan siang dan malam. Harganya mulai dari Rp 298 ribu untuk menu prasmanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement