Selasa 08 Nov 2016 16:11 WIB

Adinia Wirasti Tularkan Kebiasaan Gemar Buku

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Adinia Wirasti
Foto: dok Republika
Adinia Wirasti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Adinia Wirasti sangat suka berkunjung ke perpustakaan dan berada di antara buku-buku. Sebagai Duta Persahabatan PerpuSeru, kesenangan itu yang ingin ia bangkitkan dan tularkan untuk masyarakat Indonesia.

"Ingin mengajak teman-teman semua bahwa baca buku itu enak lho, seru, apalagi buku adalah sumber pengetahuan," ucap perempuan kelahiran Jakarta, 19 Januari 1986 yang biasa disapa Asti itu.

Tanpa pengetahuan, kata Asti, seseorang akan sulit untuk berkarya. Karena itu, peran perpustakaan sangat penting sebagai tempat tersedianya semua ilmu bagi siapa saja, bahkan orang yang tak berkesempatan menempuh jenjang tinggi pendidikan formal.

Pemeran tokoh Carmen di film Ada Apa Dengan Cinta? (AADC) itu juga menyimpan kegelisahan terhadap kondisi di lingkungannya. Ia melihat banyak sosok penuh potensi di lingkungannya namun belum berkarya karena keterbatasan pengetahuan.

Oleh karenanya, aktris pemenang dua Piala Citra itu tergerak untuk mempromosikan pengetahuan ke seluruh Indonesia, khususnya di daerah terpencil. Misi tersebut dilakukan Asti selama menjadi Duta Persahabatan PerpuSeru yang memprakarsai gerakan sosial berbagi pengetahuan lewat tagar #PengetahuanItuKekuatan.

Menurut Asti, PerpuSeru yang merupakan perpustakaan berbasis TIK adalah aset negeri yang bisa mendukung pembangunan sumber daya manusia di Indonesia. Sejak fase awal di tahun 2011, PerpuSeru sudah hadir di 531 perpustakaan seluruh Indonesia dan akan ditambah jumlahnya hingga mencapai 1.000 sampai tahun 2025.

"Kami mengajak teman-teman untuk ikut berkontribusi dan makin semangat mencari pengetahuan yang ada di mana-mana, tanpa batas, dan bisa diolah jadi apapun," kata ia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement