Senin 07 Nov 2016 13:01 WIB

Trik Atasi Anak Terpapar Konten tak Sesuai Usia

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Anak dan internet
Foto: EPA
Anak bermain internet

Parental Control

Ibrahim mengatakan orang tua harus memegang kontrol terhadap konten-konten apa yang boleh diakses oleh anak-anak melalui aplikasi ponsel pintar. Untuk memudahkan 'penyaringan' aplikasi yang tidak sesuai usia anak, Ibrahim mengatakan ada konfigurasi khusus pada Play Store dan Apps Store yang bisa dimanfaatkan orang tua.

Konfigurasi ini memungkinkan hasil pencarian aplikasi hanya menunjukkan aplikasi-aplikasi dengan PEGI yang sesuai usia anak. Pada pengguna iOS, konfigurasi ini bisa ditemukan pada pilihan Setting-General-Restrictions. Sedangkan bagi pengguna Android, konfigurasi ini bisa ditemukan pada pilihan setting-parental control di Play Store.

"Tentukan batas umur anak berapa. Nanti aplikasi yang muncul hanya aplikasi yang aman untuk usia tersebut dan hanya aplikasi-aplikasi itu yang bisa di-install," terang Ibrahim.

Menyaring Video

Selain dari penggunaan aplikasi yang tidak sesuai umur, paparan konten yang tidak sesuai usia anak juga bisa didapatkan melalui video. Salah satu yang paling populer ialah video-video pada situs berbagi video YouTube. Untuk menyiasati munculnya video yang tidak sesuai usia anak, orang tua bisa melakukan konfigurasi melalui pilihan Restricted Mode.

Ibrahim mengatakan pilihan ini bisa diakses orang tua melalui Setting-General-Restricted Mode. Hanya saja, penyaringan dengan Restricted Mode diakui Ibrahim tidak 100 persen akurat. Oleh karena itu, Ibrahim tetap menyarankan agar orang tua melakukan pendampingan ketika anak mengakses gawai.

"Tetap diperlukan kontrol orang tua secara berkala," pesan Ibrahim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement