Jumat 28 Oct 2016 14:04 WIB

Sedang Berada di Palu? Jangan Lewatkan 3 Tempat Wisata Seru Ini

Rep: Gita Amanda/ Red: Dwi Murdaningsih
Pengunjung bertenda di kawasan eko wisata Telaga Tambing yang masuk kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) di Desa Sedoa, Lore Utara, Poso, Sulawesi Tengah.
Foto: Antara
Pengunjung bertenda di kawasan eko wisata Telaga Tambing yang masuk kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) di Desa Sedoa, Lore Utara, Poso, Sulawesi Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibukota Sulawesi Tengah, Palu, terkenal sebagai kota lima dimensi. Sebab kota ini terdiri dari lembah, lautan, sungai, pegunungan dan teluk. Palu memang tak se-tersohor, Bali atau Lombok, sebagai destinasi wisata. Namun Palu menyimpan banyak spot distinasi unik yang tak kalah seru untuk dijelajahi.

Berikut beberapa tempat wisata unik di Sulawesi Tengah yang layak dikunjungi:

Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional ini merupakan salah satu kawasan hutan lindung di Indonesia dengan luas 2.290 kilometer persegi. Taman Nasional ini meliputi hutan dataran rendah dan pegunungan.

Taman yang dinobatkan sebagai taman konservasi biosfer oleh UNESCO ini membentang dari Kabupaten Donggala Palu hingga wilayah Poso. Di Dalam Taman Nasional Lore Lindu terdapat banyak tempat menarik untuk dikunjungi seperti Lembah Besoa, untuk melihat habitat burung maleo. Atau Danau Lindu, Lembah Saluki, Lembah Bada, Lembah Napu serta berbagai gunung seperti Gunung Nokilalaki dan Rorekatimbo.

Terdapat 227 spesies burung di taman ini, 77 di antaranya adalah endemik Sulawesi. Selain kaya satwa liar, di Lembah Bada terdapat batu megalit yang berusia sekitar 1300 tahun.

Pusat Laut Donggala atau Sinkhole Presentasi Donggala

 

Pusat Laut Donggala merupakan sebuah cekungan seperti sumur raksasa yang terbentuk secara alami dan dikelilingi bebatuan. Terletak di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, tempat ini berjarak sekitar 45 kilometer dari kota palu.

Lokasi yang dikenal dengan sumur laut ini terletak sekitar setengah kilometer dari Pantai Tanjung Karang. Air di dalam sumur laut ini sangat jernih berwarna hijau kebiruan. Uniknya meski banyak yang menggunakannya untuk berenang atau menyelam air di sumur ini tetap jernih dan memiliki rasa asin seperti air laut.

Dengan diameter lubang hingga 10 meter dan kedalaman tujuh meter, Pusat Laut Donggala kaya akan berbagai jenis ikan laut. Menariknya lagi air di pusat laut ini akan surut saat air pasang dan naik saat air laut surut.

Masjid Terapung Palu

Memiliki nama Masjid Arqam Bab Al-Rahman, masjid ini terletak sekitar 30 meter dari pantai Teluk Palu. Bangunan berdiri di atas lebih dari 20 tiang penyangga. Saat air pasang, bangunan masjid akan tampak terapung di tengah lautan.

Menariknya masjid ini adalah, saat malam hari kubah masjid bisa memancarkan tujuh warna cahaya lampu yang berbeda. Mulai dari warna merah, jingga, hijau, ungu, biru, pink dan putih. Kubah berganti warna dalam hitungan beberapa detik.

Dari masjid pengunjung dapat menikmati keindahan Jembatan Palu IV, Teluk Palu, dan Pantai Taman Ria. Di sepanjang Pantai Taman Ria, yang berada tak jauh dari masjid, banyak terdapat pusat kuliner yang lezat di sepanjang garis pantai. Di sini ada sekitar 100 kafe penjaja makanan ringan dan hidangan khas setempat seperti pisang epe.

Menarik ya, berwisata ke kota Palu? Namun jangan lupa lakukan persiapan dengan baik sebelum bertandang ke Palu. Salah satunya dengan memesan terlebih dahulu tempat penginapan agar tenang berwisata.

Kini tak perlu repot, sebab melalui aplikasi Android dan Apple Store wisatawan sudah dapat memesan hotel yang sesuai dengan kantong. Airy Rooms salah satu hotel yang menyediakan layanan pemesanan melalui aplikasi mobil pintar.

Selain itu Anda juga bisa reservasi lewat situs www.airyrooms.com atau untuk layanan konsumen bisa menghubungi 0804-111-2479 (fix line) dan 0812-8070-0020 (WhatsApp). Untuk pembayarannya pun sangat mudah, bisa melalui transfer rekening antar bank, atau pun kartu kredit. Mudah bukan?

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement