Jumat 21 Oct 2016 16:10 WIB

Cara Beda Nikmati Satai? Coba dengan Pisang dan Mayones

Rep: MGROL77/ Red: Andi Nur Aminah
Satai daging domba
Foto: MGROL77
Satai daging domba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan satai dengan nasi atau lontogn, tentu sudah sangat umum. Begitu juga satai yang dibumbui kacang, kecap ataupun bumbu kental seperti satai padang, juga sudah cukup biasa. Nah, jika ingin mencoba sensasi makan satai dengan cara yang lain, Anda bisa mencoba menu satai ini.

Satai domba afrika, menyuguhkan satai yang dimakan dengan pisang dan mayones. Bagaimana ya rasanya? Sensasi satai unik ini bisa Anda temukan di event Pekan Raya Nusantara ICE-BSD. Ya, satai domba ini tidak dimakan dengan nasi tapi dengan pisang goreng.

    

Menurut Muhammad Erwin, pembuat satai domba Afrika ini, ide memakan dan membuat sate dengan pisang, berasal dari Koh Ferdi. Koh Ferdi memiliki teman yang berasal dari Afrika. Dari sanalah ide membuat sate domba afrika ini muncul.

    

"Jadi Koh Ferdi ceritanya berteman dengan orang Afrika ini dan berfikir mau buka usaha. Dari orang Afrika beliau  diajari cara memasaknya. Bedanya kalau satai biasanya pakai tusukan, yang ini caranya dibakar kemudian dikukus," ungkap Erwin di Tangerang (20/10).

Selain itu, daging yang digunakan tidak sembarangan, tapi menggunakan daging domba muda dari Australia. Alasanya, karena domba muda memiliki tekstur yang lembut dan mudah dimasak.

    

Sementara untuk cara memasaknya terbilang simpel. Cukup melakukan pembakaran sebanyak dua kali dan sekali pengukusan di panci berisi irisan bawang bombay. Pengukusan dilakukan kurang lebih dua jam dengan menambahkan garam dan penyedap. Maka daging non kolesterol ini pun langsung bisa disantap.

Untuk menikmati makanan unik ini, pembeli cukup merogoh kantong Rp 55 ribu per porsi. Jika masih merasa aneh menikmatinya dengan pisang goreng, Anda pun bisa memilih menikmatinya dengan nasi. Keduanya memiliki rasa yang enak dan sensasi yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement