Jumat 14 Oct 2016 09:37 WIB

Cara Mudah Memasak Lamian, Mi Tarik Ala Cina

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Mi tarik Cina, Lamian
Foto: dok Ritz-Carlton
Mi tarik Cina, Lamian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mi merupakan salah satu makanan favorit masyarakat di Indonesia, bahkan dunia. Mi lamian atau mi tarik dari Cina ini adalah salah satu varian mi yang terkenal hingga ke mancanegara.

Sebagai perayaan bulan mi se-dunia, The Ritz-Carlton Mega Kuningan mencoba menyajikan sejumlah hidangan mi dari berbagai negara. “Salah satunya mi lamian,” kata Director of Marketing Communications, Adeza Hamzah kepada wartawan di Ritz-Carlton Mega Kuningan Jakarta.

Untuk bisa menyajikan mi lamian yang kenyal, cukup sediakan satu kilogram terpung terigu. Kemudian satu sendok teh garam dan minyak wijen serta air sebanyak 600 mililiter air.

Pertama, Anda bisa mencampur tepung, garam dan air dalam satu wadah lalu aduk rata hingga tidak lengket. Ambil adonan sedikit demi sedikit untuk ditarik yang sebelumnya telah dioles minyak wijen terlebih dahulu. Putar, regangkan, lipat dan tarik adonan mie berkali-kali. Panjang, ketebalan serta serat tiap helai mi sangat bergantung pada jumlah dan kekuatan menarik pada adonan.

“Dan upayakan pakai alas talenen putih supaya tidak lengket saat proses menarik mi,” tambah Adeza.

Tahap berikutnya, mi tinggal dimasukkan ke dalam rebusan air panas setidaknya kurang lebih dua menit. Setelah itu, mi tarik bisa langsung disaji dengan mencampurkan berbagai taburan sesuai selera. Anda bisa mencampurnya dengan kuah kari tahu, semur ayam, jamur, daging dan sebagainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement