Jumat 14 Oct 2016 09:32 WIB

Koleksi Seni David Bowie Dipamerkan Secara Daring

Rep: Dwina Agustin/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi wajah David Bowie yang dibuat penggemar David Bowie di Jepang
Foto: Japantimes
Ilustrasi wajah David Bowie yang dibuat penggemar David Bowie di Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Koleksi seni David Bowie senilai 12.2 juta dolar atau setara dengan Rp 156.7 miliar dipamerkan. Seluruh karya seni itu ditunjukkan lewat media daring (online).

Ratusan karya seni yang dimiliki oleh mendiang penyanyi "Starman" akan dilelang bulan depan di Sotheby. Dikutip dari Independent, Jumat (14/10), pelelangan tersebut termasuk karya-karya dari Damien Hirst, Frank Auerbach dan Stanley Spencer.

Sebagian kecil koleksi pribadinya memang sudah diperlihatkan pada musim panas lalu. Hanya saja kali ni peninggalan musisi legendaris itu dipertunjukkan secara keseluruhan dengan media daring.

Koleksi Bowie merupakan sebagai bentuk dari pemikiran musiknya. Lebih dari 350 karya seni mulai dari lukisan pascaperang Inggris untuk Ekspresionisme Jerman dan potongan surealis pasca pemilu demokratis pertama di Afrika Selatan.

Bowie sebenarnya memiliki jejak panjang pada dunia seni terutama lukisan. Bowie bergabung dengan dewan redaksi majalah Pelukis modern pada tahun 1994 dan mewawancarai orang-orang penting seperti Tracey Emin dan Jeff Koons.

Dia melukis sepanjang hidupnya, membenamkan dirinya dalam komunitas artistik London, New York dan Berlin. Secara terang-terangan kepada New York Times tahun 1998, dia menyatakan jika seni merupakan satu-satunya yang ingin dimiliki.

Pameran koleksi Bowie terbuka untuk pengunjung di Sotheby London 1-10 November, sebelum dilelang pada 10 dan 11 November.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement