Rabu 12 Oct 2016 12:05 WIB

Pit Stop Bagi Keuangan Pribadi dan Karyawan

Dalam pengelolaan keuangan terkadang Anda sampai pada posisi pit stop. Saat itu Anda harus berhenti semenyata dan melakukan perubahan.
Foto:
Dalam pengelolaan keuangan terkadang Anda sampai pada posisi pit stop. Saat itu Anda harus berhenti sementara dan melakukan perubahan.

Dengan melakukan prioritas di atas, maka Anda akan sadar mana yang sebenarnya bisa Anda negosiasikan pasti/fleksibel atau risiko tinggi/risiko rendah.

Adapun golden rule financial pit stop adalah :

a.    Pay your God first

Ini adalah bentuk dari mentalitas kaya, sebuah mentalitas dimana dalam kondisi tersulit sekalipun, ada Tuhan bersama kita. Dan Tuhan Maha Kaya dan Maha Sejahtera, jika mentalitas ini kita pupuk maka seberat apapun kondisi kendaraan keuangan Anda hari ini dan harus melakukan perbaikan besar-besaran di area pemberhentian (pit stop), akan tetap bisa melaju.

Karena kehilangan uang bisa Anda cari penggantinya tetapi karakter atau mentalitas kaya, perlu proses, ketika Anda punya karakter kaya tersebut Anda bisa melaju kembali dibalapan karir dan keuangan Anda

b.    Saving first, than shopping

Menyisihkan pendapatan di awal akan lebih baik ketimbang menyisihkan di akhir.   Yang pertama Anda tidak perlu pusing lagi dengan banyaknya kebutuhan dan keinginan, sementara yang terakhir belanja sesuai dengan uang yang ada di tangan. Karena semakin di tahan-tahan, maka semakin kuat nafsu untuk menghabiskan uang belanja. Jadi sebaiknya, Anda buat sebuah rekening khusus untuk menampung saving atau investing Anda dan buat rekening khusus untuk shopping Anda.

Selamat melakukan pit stop keuangan Anda!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement