Senin 10 Oct 2016 07:27 WIB

Menikah tapi LDR ? Ini Kata Pakar

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Pasangan menikah namun hidup terpisah (ilustrasi)
Foto: Dailymail
Pasangan menikah namun hidup terpisah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pasangan menikah kadang harus menjalani hubungan jarak jauh alias long distance relationship (LDR). Biasanya, penyebab utama adalah karena suami-istri harus bekerja atau menempuh studi di kota berbeda.

Namun, ternyata ada pasangan menikah yang menolak mengatur rumah bersama-sama. Menurut sebuah studi di tahun 2013, satu dari sepuluh orang di Inggris sengaja tinggal terpisah dari pasangannya meski terikat oleh pernikahan.

Fenomena ini diidentifikasi sebagai hidup terpisah bersama-sama atau living apart together (LAT). Menurut terapis hubungan Maria Curry, model demikian merupakan pilihan yang sah-sah saja untuk masing-masing pasangan. "Membaurkan keluarga terkadang menjadi hal yang sulit sehingga membutuhkan cara ini yang memang berhasil untuk pasangan tertentu," katanya.

Menurut Curry, LAT lebih berhasil untuk pasangan yang lebih tua, seperti orang tua dengan anak-anak yang telah meninggalkan rumah. Hubungan bisa menjadi cair karena ada ruang luas untuk menikmati kehidupan masing-masing.

Pasangan tetap dapat berbagi dukungan emosional sementara memiliki ruang sendiri. Memang jauh lebih mudah jika pasangan tinggal di bawah atap yang sama, namun menurut Curry itu kembali pada kesepakatan pasangan. "Ini tentang mendengarkan dengan jujur apa yang diinginkan kedua belah pihak dan membutuhkan tanggung jawab yang besar," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement