Sabtu 01 Oct 2016 12:33 WIB

Jangan Lupa Pula Cicipi Mi dan Soto Belitong

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Bakmi khas Belitung
Foto: dok Republika
Bakmi khas Belitung

REPUBLIKA.CO.ID, Belitung atau lebih dikenal dengan sebutan Belitong bukan saja menawarkan keindahan alam, tapi juga menyajikan sajian kuliner khas daerah tersebut. Salah satunya ada mi Belitong.

Ini adalah sajian mi yang berukuran besar. Ditambah dengan potongan tahu, tauge, timun, kentang rebus, juga udang. Kemudian disiram dengan kuah udang yang sedikit kental. Rasanya enak, gurih dan sedikit manis. Jangan lupa taburi bawang goreng untuk menambah cita rasa. Jika suka pedas bisa diberi sedikit sambal. Rasanya segar. Kuahnya yang hangat pun bisa menghangatkan perut Anda.

"Mi Belitong adalah makanan khas wilayah yang dikenal dengan penghasil lada dan timah ini. Mi ini sudah menjadi warisan nenek moyang yang sudah lama ada," ujar salah satu pedagang Mi Belitong, Anita.

Mi ini bisa dinikmati saat sarapan pagi ataupun ketika malam hari ingin mengonsumsi makanan hangat. Rasanya sangat cocok. Apalagi jika makannya ditemani dengan segelas teh hangat atau dengan minuman khas Belitong, jeruk kunci. Semakin menambah kenikmatan santapan Anda.

Salah satu rumah makan yang menawarkan makanan ini adalah Kedai Mak Jana. Kedai yang berlokasi di Jalan Veteran Kawasan KV Senang, Tanjung Pandan Belitung. Kedai ini sangat ramai dikunjungi. Semua kursinya penuh dengan pembeli yang hendak makan. Ada orang tua juga anak-anak.

Selain mi belitong, dikedai ini juga disediakan soto Belitong. Ini mirip dengan lontong sayur di Jakarta. Isinya ketupat, kentang rebus yang sudah diiris, bihun, bawang goreng dan disiram kuah santan yang gurih. Ditambah dengan emping. Bila ditambah sambal, rasanya semakin enak.

Uniknya soto di sana adalah lontongnya dibuat bukan dengan daun pisang dan berbentuk panjang. Tapi dengan daun simpor. Daun yang berukuran lumayan besar dan memang khusus untuk makanan. Daun ini sering digunakan untuk lontong, alas makanan, atau untuk pepes. Jika untuk lontong, maka daun ini membungkusnya berbentuk kerucut. Fungsinya sama dengan daun pisang.

Daun ini bisa didapatkan di pasar. Ukurannya agak besar. Dan memiliki aroma yang khas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement