Rabu 28 Sep 2016 10:25 WIB

Ini Peran Nutrisi dalam Tumbuh Kembang Anak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Nutrisi untuk Anak
Foto: Google
Nutrisi untuk Anak

REPUBLIKA.CO.ID, Nutrisi berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Bagaimanakah perannya?

Ahli nutrisi, Dian Permatasari menjelaskan tumbuh kembang secara internal dipengaruhi oleh genetik dan hormon. Namun secara eksternal dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya nutrisi. Menurut Dian, nutrisi perannya sangat penting sejak masa kehamilan sampai lahir.

Selain nutrisi, tumbuh kembang juga dipengaruhi oleh toksin atau zat kimia, infeksi, kelainan imun dan psikologi ibu. Sedangkan setelah kelahiran selain nutrisi, Dian menambahkan, tumbuh kembang juga dipengaruhi oleh pengetahuan ibu, lingkungan, fisik dan budaya, pengasuhan, sosial ekonomi, stimulasi, serta aktivifas fisik dan olahraga.

Status nutrisi berhubungan dengan tumbuh kembang. Dimana status nutrisi akan memengaruhi pertumbuhan fisik, kesehatan, dan aktivitas fisik. Pertumbuhan fisik akan memengaruhi interaksi antara orang tua dan anak.

Dian menjelaskan, status nutrisi juga berpengaruh pada perkembangan dan fungsi otak. Begitu juga kesehatan akan memengaruhi perkembangan dan fungsi otak juga perkembangan fisik. Juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik. Dan aktivitas fisik membuat anak mau berinteraksi dengan lingkungan. Semua hal itu akan mempengaruhi perkembangan kognitif, motorik dan sosial lingkungan. "Semua berhubungan timbal balik," tambahnya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement