Sabtu 17 Sep 2016 01:59 WIB

Festival Kopi Flores Hadir di Jakarta

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Andi Nur Aminah
Biji Kopi (Ilustrasi)
Foto: Flickliver.com
Biji Kopi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi para pecinta kopi, kini Anda tidak perlu jauh-jauh ke NTT untuk menikmati kopi flores. Sebab, mulai 15 hingga 17 September Festival Kopi Flores hadir di Jakarta untuk menggoyang lidah Anda.

Ketua Panitia Festival Kopi Flores Jannes Eudes Wawa mengaku festival yang digelar di Bentara Budaya Jakarta ini bertujuan untuk mendorong kopi flores dari sisi produksi maupun dari sisi pencitraan. "Kopi Flores sebenarnya punya keunikan tersendiri dari kopi-kopi lain, tapi masih jago kandang," kata Jannes kepada Republika.co.id, Jumat (16/9).

Jannes mengatakan, kopi Flores pada dasarnya sudah mendapat tempat di pasar internasional. Hanya saja, dari segi produktivitas kopi Flores bisa dibilang masih rendah dibandingkan dengan kopi dari daerah lain.

Di festival ini, pengunjung tak hanya bisa melihat cara meracik kopi flores. Pecinta kopi juga bisa menikmati racikan kopi flores secara gratis sepuasnya.

Selain pameran berbagai produk kopi dari Flores, juga digelar beberapa diskusi dan lokakarya serta lomba memproses kopi di antara barista. Selain itu, para seniman juga diberi ruang untuk melakukan coffee painting. Tak ketinggalan, festival dimeriahkan pula dengan suguhan musik berkualitas dari grup band Gugun Blues Shelter.

Di festival ini, para pecinta kopi dapat mengenal lebih dekat dengan kopi flores mulai dari ragam jenisnya, cara pengolahannya sampai cara peracikannya di tangan para barista profesional. Festival Kopi Flores turut melibatkan para pedagang, produsen, pemilik kedai kopi serta beberapa komunitas pecinta kopi di Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement