Kamis 08 Sep 2016 15:25 WIB

Perempuan di Puncak Karier, Mengapa tidak?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Perempuan bekerja
Foto: pixabay
Perempuan bekerja

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa bilang perempuan tak bisa sukses dan berada di puncak karier? Dua perempuan pimpinan perusahaan ini membocorkan rahasia mereka lewat buku The Glass Wall: Success Strategies For Women At Work.

Jaga lisan

Cara Anda berperilaku dan berbicara sangat berpengaruh terhadap kesuksesan. Jangan biarkan kredibilitas Anda tercoreng karena bergosip dan bicara negatif di tempat kerja atau saat nongkrong dengan kolega.

Posisikan diri sama dengan yang lain

Jangan pernah menuangkan minuman untuk rekan lain meski Anda adalah satu-satunya perempuan dalam sebuah pertemuan. Faktanya, Anda sebagai perempuan tak berbeda dengan para pekerja laki-laki lainnya.

Tetapkan batas

Stereotip budaya tradisional mendikte perempuan untuk lebih toleran terhadap apa pun yang dialami di tempat kerja. Padahal, tidak masalah jika Anda menetapkan garis batas dalam pergaulan dan pekerjaan di kantor.

Minta promosi

Jika Anda merasa layak mendapatkan promosi, mintalah kepada atasan sesuai aturan perusahaan. Survei beberapa tahun silam oleh Hewlett-Packard menyebutkan, hanya sedikit perempuan yang berada di posisi manajemen puncak karena tak cukup percaya diri meminta promosi.

Ajukan opini

Ajukan opini cerdas untuk berperan dan berkontribusi di tempat kerja. Kemukakan saran dan gagasan yang bisa menjadi solusi untuk permasalahan di tim atau divisi Anda.

Ciptakan 'merek pribadi'

Tentukan apakah Anda ingin dikenal sebagai seseorang yang kreatif, jujur, atau produktif di mata perusahaan. Ide membangun merek pribadi ini akan menjadi identitas khusus yang membuat Anda melaju menuju puncak karier, dikutip dari laman Daily Mail Rabu (7/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement