Kamis 01 Sep 2016 01:14 WIB

Album Sides Ungkap Sisi Lain Afgan

Rep: Sri Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Penyanyi Afgan
Foto: Antara
Penyanyi Afgan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat tahun vakum dari industri musik tanah air, penyanyi solo Afgansyah Reza, atau akrab disapa Afgan, meluncurkan album baru bertajuk Sides. Album garapan Trinity Optima Project ini juga menandai delapan tahun kiprahnya dalam bermusik.

Pria berdarah Minangkabau ini mengatakan, ada banyak kejutan dalam album terbarunya. Selain mengokohkan prestasinya sebagai penyanyi solo, talentanya dalam mencipta musik benar-benar diasah di sini. Sepuluh dari tiga belas lagu dalam album ini ditulis sendiri olehnya.

Tak hanya itu, pria kelahiran Jakarta, 27 Mei 1989 ini juga unjuk gigi dengan menyajikan berbagai genre musik seperti, pop, soul, R&B, electronic dance, blues, dan orkestra. Beberapa lagu dihadirkan dengan kolaborasi bersama artis-artis tanah air.

"Dalam album ini banyak sisi lain diri saya yang terungkap dan orang belum banyak yang tahu. Album ini juga menggambarkan tentang apa yang saya rasakan, karena hampir sebagian besar lagunya saya tulis sendiri," ujar Afgan, Rabu (31/8), di Jakarta.

Sides bisa dibilang sebagai karya ambisius Afgan. Ia menceritakan, pembuatan album ini justru berawal dari keinginannya memiliki album berjudul Sides. Dari judul inilah ia mengembangkan berbagai konsep dan karya-karyanya.

Pengolahan mastering dilakukan oleh Steve Corrao di Sage Audio, Nashville, TN. Proses perekaman dikerjakan di beberapa studio terpisah, antara lain di Brotherland Studio dan Backbeat Studio di Jakarta, serta Aru Studio di Bandung.

Kehadiran musisi asal Inggris, Mark Hill, sebagai produser tak bisa dipungkiri menempatkan produksi dan kualitas lagu dalam album Sides ke posisi yang makin berkelas. Kolaborasi ini ditunjukkan dalam lagu 'Brand New Day' yang kabarnya juga menjadi single favorit Mark. Dua lagu lain yang digarap bersama Mark berjudul 'Count on Me' dan 'Thinkin' about'.

Dalam lagu bertajuk 'Rollercoaster' dan 'X', Afgan menggandeng penyanyi dan rapper asal Malaysia, Sonaone. Mereka berkolaborasi dalam lagu, olahan musik, dan penulisan lirik. Ia juga menyanyikan lagu karya juara Singapore Idol, Taufik Batisah yang berjudul 'Knock Me Out'.

Impian Afgan untuk berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi tanah air juga terwujud dalam album ini. Dalam lagu berani saja, Afgan menggandeng dua penyanyi yang ngehits, Yura Yunita dan Rayi Putra.

Salah satu lagu unggulan yang berjudul 'Percayalah' diciptakan bersama Raisa. Penyanyi bersuara emas ini rupanya telah menjadi idola Afgan sejak SMA. Lagu super romantis ini dikatakan akan membuat para pendengarnya kecanduan.

Agustus ini, album Sides hadir secara eksklusif dalam aplikasi musik Yonder Music Indonesia dan Malaysia. CD album ini juga dapat diperoleh di 1200 gerai Alfamidi dan Lawson dengan harga Rp 25 ribu sejak 10 Agustus 2016. Hingga berita ini ditulis Sides telah terjual hingga 6.000 keping melalui jalur penjualan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement