Selasa 16 Aug 2016 08:21 WIB

Festival Togean Angkat Keindahan Taman Nasional Kepulauan Togean

Location of Tomini Gulf in Sulawesi (map)
Foto: en.wikipedia.org
Location of Tomini Gulf in Sulawesi (map)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARATA -- Kementerian Pariwisata mendukung penyelenggaraan Festival Bahari Pesona Kepulauan Togean. Ajang yang memasuki tahun ke-12 ini akan berlangsung pada 27 hingga 31 Agustus mendatang. 

Beragam acara telah dipersiapkan guna mengangkat dan memperkenalkan keindahan beragam pulau dan daya tarik Taman Nasional Kepulauan Togean dengan puluhan pulau-pulau kecilnya yang memukau di tengah teluk Tomini. 

Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti mengatakan, kegiatan Pesona Bahari Kepulauan Togean 2016 merupakan upaya mempromosikan Kepulauan Togean yang memiliki keindahan pantai dan bawah laut, serta flora dan fauna langka. Itu semua semakin lengkap dengan kearifan lokal penduduk asli suku Bajo yang harmonis dengan alam. 

Daya tarik wisata yang lengkap tersebut menguatkan Togean sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia. 

"Ada 15 kegiatan yang bisa diikuti dan dinikmati wisatawan baik nusantara dan mancanegara," ujar Esthy Reko Astuti, Senin (15/8) kemarin. 

Diantaranya adalah lomba perahu layar, perahu kecil (ketinting), tarik tambang perahu, lomba rally photo landscape, jelajah destinasi kepulauan Togean, lomba lari karung di pantai, busana daerah serta pameran industri kreatif masyarakat. 

"Karena potensinya bahari tentu juga ada kuliner. Di sana juga ada masyarakat Bajo yang sangat menarik untuk dilihat lebih dekat kehidupan mereka," kata Esthy. 

Terbentang sejauh 90 kilometer di tengah Teluk Tomini, Kepulauan Togean merupakan keindahan alam penuh warna. Terletak di Kabupaten Tojo Una-Una, Kepulauan Togean menawarkan kemegahan wisata bahari yang damai dan memukau. Di sini ada kemegahan surga alam bawah laut yang dihuni berbagai karang tropis ukuran besar serta berbagai spesies ikan hias dan kepiting kenari. 

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H. Sudarto mengatakan, nama Kepulauan Togean belakangan terus dikenal akan keindahanya. Terlebih saat penyelenggaraan Sail Tomini beberapa waktu lalu, Kepulauan Togean menjadi salah satu lokasi digelarnya acara. 

"Persiapan sudah matang. Kita harapkan ada wisatawan mancanegara yang datang. Untuk peserta perlombaan sudah ada 15 negara yang mendaftar," ujar Sudarto. 

Kepulauan Togean dikatakan Sudarto termasuk satu dari 10 destinasi pariwisata bahari nasional. Togean dikenal dengan wisata lautnya. Banyak jenis terumbu karang, panorama alam, serta kenakearagaman hewan di hutan bakaunya. 

"Jadi keindahan alam di atas dan bawah laut sangat indah," ujarnya. 

Saat ini pemerintah daerah tengah fokus meningkatkan sarana dan infrastruktur guna menunjang pariwisata di Togean. 

"Kita banyak mendapat dukungan anggaran. Akan kita fokuskan peningkatan infrastruktur, seperti listrik, air bersih, alat angkut seperti ferri. Kita tata juga untuk hotel dan homestay disana," ujar Sunarto. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement