Kamis 11 Aug 2016 08:36 WIB

Artika Sari Devi Apresiasi Keingintahuan Anak

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah
Artika Sari Devi
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Artika Sari Devi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Artika Sari Devi memiliki cara tersendiri untuk mengapresiasi keingintahuan anak-anaknya. Menurutnya, kadang seorang ibu selalu ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya dengan membatasi apa yang ingin anak ketahui. Namun di balik itu ada kebiasaan baik yang harus ditanamkan kepada anak.

 

“Anak selalu ingin tahu dalam hal apa pun, di situ seorang ibu harus bisa menyikapinya dengan baik,” ujar Artika, saat ditemui dalam acara Pepsodent kampanye #mommyslittlepartner, di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (10/8).

 

Ia menuturkan, membatasi keingintahuan anak akan menghambat minat anak untuk membantu orangtua. Dengan demikian Artika mengaku selalu memperbolehkan anak mengakses keingintahuannya dengan tetap mengawasi mereka.

 

“Misalnya anak ingin ikut potong buah, kita bisa kasih buah yang mudah dipotong seperti pepaya dan kasih pisau yang tidak terlalu tajam. Jangan dilarang, dengan begitu anak akan terbiasa membantu,” ungkap Artika.

 

Baginya, menjadi ibu berarti memiliki dua sisi yang berbeda. Di satu sisi ibu mendapat berkah dengan hadirnya anak. Menurut dia, mendidik anak adalah seni yang dimiliki setiap ibu dengan cara yang berbeda-beda.

 

Di sisi lain, menjadi ibu adalah tantangan karena dapat menguras energi dan pikiran. Sehingga, ia harus tahu betul apa yang harus dia batasi dan dia awasi pada anak. “Saya salut bagi ibu-ibu karir yang bisa memanfaatkan waktunya 24 jam dalam sehari untuk mengurus pekerjaan kantor dan mengurus anak,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement