Selasa 23 Apr 2019 15:39 WIB

Artika Sari Devi Pentingkan Komunikasi Intens dengan Anak

Artika memiliki rutinitas menemani anak dan mengobrol sebelum tidur.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Artika Sari Devi
Foto: Republika/Dwina Agustin
Artika Sari Devi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunikasi dalam segala bentuk hubungan perlu dibangun dengan baik, termasuk dengan anak. Artika Sari Devi selalu mencoba berkomunikasi dengan anak dalam setiap kesempatan dengan penuh perhatian untuk membangun kelekatan.

Cara untuk berkomunikasi dengan anak yang diterapkan keluarga Artika adalah menerapkan kebiasaan bercerita setiap akan tidur. Sudah menjadi peraturan wajib bagi pasangan Ibrahim Imran ini untuk menemani anak ketika akan tidur.

Baca Juga

"Ada satu agenda yang tidak bisa dilewatkan yaitu dengan menemani tidur, ini gantian sama suami, kita nyanyi-nyanyi bersama, terus review kegiatan sehari-hari," kata ibu dua anak ini.

Artika menceritakan, anak-anaknya didorong terbuka ketika menceritakan segala hal yang terjadi dalam keseharian mereka, termasuk pandangan terhadap orang tuanya. Saat anak-anak menilai Artika dan Baim, maka mereka pun harus mendengarkan dan memahami dari sudut pandang anak.

"Kayak mama bagaimana akhir-akhir ini? Mereka jawab kaya mama lebih sibuk dan jarang senyum, lebih banyak melotot. Saya harus berbesar hari dan menerima," ujarnya.

Di samping itu, keluarga itu pun akan membahas rencana kegiatan yang akan dilakukan pada hari esok. Dengan begitu, setiap anggota keluarga akan sama-sama tahu kegiatan yang dilakukan, termasuk anak akan mencoba memahami kegiatan orang tuanya.

Mantan Puteri Indonesia ini pun mengatakan, keterbukaan antara orang tua dan anak memang sangat diperlukan. Dari keterbukaan ini akan muncul pengertian sesama anggota keluarga dan menumbuhkan kelekatan satu sama lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement